}
Pilih-pilih Jas Hujan Biker
Tips

Pilih-pilih Jas Hujan Biker

by Dedi
Thu, 10-Mar-2016

Jas hujan adalah aksesori wajib biker yang nggak pengin kebasahan di musim penghujan seperti sekarag ini. Ada banyak jenis dan harga yang tersedia di pasaran. Tapi jangan asal beli ya. Banyak sudah pengalaman jas hujan yang baru dibeli cepat rusak, bocor, dan nggak nyaman. Nah ini ada beberapa tips untuk cermat pilih-pilih jas hujan:

1. Hindari Model Ponco

Model ini praktis dan murah. Tapi model ini tidak direkomendasikan karena bisa berbahaya jika ponco tersangkut ke jeruji roda.

2. Pilihlah Model Setelan

Model ini lebih nyaman untuk berkendara di hujan dan di terpaan angin yang kencang karena bentuknya yang menyatu dengan tubuh.

3. Pilih Ukuran Sedikit Besar

Supaya jas hujan bisa dipakai menutupi tas bawaan yang berisi barang-barang berharga sehingga tidak kebasahan.

4. Pilih yang Berbahan PVC

Bahan Polivinyl Chloride [PVC] lebih lentur dan nyaman dibanding jas hujan dari plastik atau parasut, walau sedikit lebih berat.

5. Hindari Jas Hujan yang Dijahit

Pilih jas hujan yang sambungannya di-press bukan dijahit karena jahitan masih menyisahkan celah bagi rembesan air.

6. Pilih Resleting Kuningan atau Tembaga

Resleting berbahan plastik kurang kuat dan yang berbahan besi mudah berkarat dan rusak. Lebih baik memilih jas hujan yang menggunakan resleting berbahan kuningan atau tembaga.

7. Pilih Warna yang Mencolok

Saat hujan deras jarak pandang berkurang. Jas hujan dengam warna mencolok lebih aman karenaakan lebih terlihat pengendara lainnya.

8. Jangan Hitung-hitungan Harga

Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu murah, tapi tidak terlalu mahal. Lebih utamakan faktor kualitas dan keamanannya.

9. Pakailah Shoe Cover

Terutama untuk yang berkendara ke tempat kerja, agar sepatu tidak rusak atau basah. Pilih yang bentuknya tinggi agar tertutup kaki jas hujan. [][teks @dd_sarwono, dakwatuna.com | foto jpcycles.com, welovehonda.com]