}
Pengin Jadi Keren?
Tips

Pengin Jadi Keren?

by Dewi
Thu, 24-Mar-2016

Pernah ngobrol dengan seseorang yang keliatannya tau banyak? Bisa ngobrol tentang apa aja, menjawab banyak pertanyaan, bidang ini bidang itu dia tau aja. Penjelasan singkat maupun detil bisa dia kasih ke kamu. Keren ya? Orang seperti itu biasanya sukses di dalam pekerjaan dan juga kehidupan pribadinya. Untuk menjadi keren seperti dia, kamu nggak perlu punya banyak gelar kesarjanaan. Nih, kami kasih contekannya..

1. Banyak membaca. Lahap segala macam topik. Bisnis, fiksi romantis, science fiction, otobiografi, apa aja. Kebiasaan ini akan membuat otakmu mudah dan cepat memahami dan memproses informasi. Mungkin kamu bisa coba menargetkan dalam 1 hari membaca berapa banyak halaman. Andaikan kamu membaca 20 halaman sehari, maka dalam 1 tahun artinya kamu akan telah membaca sebanyak 7300 halaman. Berapa buku itu? Banyak!!

2. Banyak ngobrol dengan orang-orang yang beda perspektif denganmu. Memang butuh kesabaran dan kedewasaan untuk mendengarkan orang lain apalagi yang pandangannya berlawanan dengan kita, tapi sepadan dengan pelajaran yang didapat.  

3. Banyak membagi ilmu. Nggak perlu jadi guru. Dengan mengajarkan orang lain, membagi pengetahuan atau informasi yang kamu miliki, kamu justru akan belajar lebih banyak dan tau batas pengetahuan yang kamu miliki.

4. Banyak terlibat dalam diskusi. Sering-sering acungkan tanganmu untuk bertanya. Nggak perlu malu, selama untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Dan jangan ragu juga untuk mempertanyakan kembali penjelasan seseorang sampai kamu benar-benar memahaminya.

5. Banyak bermain board games, seperti scrabble atau monopoli. Ini semacam melatih otak sambil bersenang-senang.  

6. Banyak menonton acara dokumenter. Nggak perlu kertas dan pulpen, cukup duduk dan berkonsentrasi menonton. Acara ini sangat informatif dan memberikan penjelasan-penjelasan mendalam karena merupakan hasil penelitian para ahli.

7. Banyak networking. Ikuti seminar atau workshop, temui kenalan-kenalan baru, dan jangan cuma dengan yang sebidang pekerjaan sama kita. Kamu nggak tau kan, tawaran terbaik bisa datang dari mana aja..

8. Kembangkan diri. Untuk menjadi yang terbaik dari yang kamu bisa, belajarlah bahasa baru, keahlian baru, tekuni hobi baru, juga berolahraga, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dll.

9. Tantang diri untuk selalu melakukan lebih. Jangan terlalu nyaman dengan hasil yang sudah kamu dapat saat ini. Kondisi yang demikian akan membuat kamu "berjalan di tempat". Coba lakukan hal yang sedikit berbeda tapi membuka peluang untuk meraih keberhasilan lebih banyak. Dan pasang goal lebih tinggi!

10. Dan yang terpenting dari semua itu adalah percaya diri. Semua hal tadi nggak akan membawa hasil kalau kamu nggak percaya pada dirimu sendiri. [][teks @tantedow/lifehack.org | foto corbisimages.com]