}
Trik Hemat Daya Baterai Android
Tips

Trik Hemat Daya Baterai Android

by Pohan
Wed, 15-Apr-2015

Sistem operasi besutan Google, Android kian populer. Merek besar menawarkan produk terbaiknya per semester hingga pengguna Android pun bertambah.

Tak dipungkiri, salah satu kelebihan Android memiliki banyak aplikasi tanpa batas, istilahnya bisa 'dioprek'.

Sementara aplikasi yang terhubung pada jaringan internet seringkali menjadi alasan pengguna kehabisan daya baterai meski tidak terlalu aktif memakainya.

Inilah beberapa trik agar HP Android hemat baterai:

1.  Alihkan Koneksi
Ketidakstabilan sinyal data 3G yang ditangkap HP Android untuk mencari sinyal terbaik bisa menguras baterai. Sebaiknya, saat dalam lokasi HotSpot, sebaiknya koneksi selular dimatikan. HP Android lebih baik dikoneksikan dengan dengan WiFi yang tersedia.

2. Matikan WiFi & Bluetooth
Setelah menggunakan WiFi, pengguna HP Android kadang lupa mematikannya. Apabila WiFi hidup, HP Android akan terus aktif mencari sinyal WiFi yang bisa menguras baterai. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, sebaiknya dimatikan apabila tidak memerlukannya.

3. Matikan GPS
Fasilitas GPS pada HP Android sangat berguna untuk mencari jalan atau membantu ketika nyasar. Sebaiknya pemakaian GPS tidak terlalu sering, hidupkan apabila diperlukan saja karena terkoneksi internet bisa mengurangi daya baterai.

4. Matikan Fitur Sync

HP Android dapat memudahkan kita mengetahui notifikasi email, media sosial, dan aplikasi lainnya. Apabila sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau dalam perjalanan, sebaiknya matikan fitur sync ini. Konsekuensinya, notifikasi-notifikasi tersebut tidak langsung muncul.

5. Atur Tampilan

Warna nyata pada layar sangat menarik dan enak dilihat. Namun itu bisa menjadi faktor terbesar baterai HP Android terkuras. Atur tingkat kecerahan [brightness] pada layar. Biasanya, geser ke kiri agar cahaya meredup, Jika memang perlu cahaya, geser ke kanan untuk cahaya terang.

6. Kurangi Volume & Matikan Getar
Untuk poin yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada HP dapat menguras baterai. Sebaiknya, getar [vibrate] dimatikan jika tidak diperlukan dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

7. Pakai Aplikasi Menghemat Baterai

Beberapa aplikasi yang tersedia di pusat download pada HP Android dirancang untuk bisa meningkatkan kinerja dan menghemat baterai HP Android. Contohnya, Battery Doctor, aplikasi penghemat baterai yang memberitahu perkiraan umur baterai seperti aplikasi yang serupa lainnya. [][teks @pohanpow/blog.lazada.co.id | foto zdnet.com, usp-forum.de]