}
Tips Minum Air Lebih Banyak
Tips

Tips Minum Air Lebih Banyak

by Sherra
Fri, 17-Apr-2015

Siapa yang pernah merasakan dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh? Orang cenderung minum saat merasa haus. Padahal haus adalah salah satu tanda dehidrasi. Selain itu, kurang cairan dapat menyebabkan mudah lelah, kulit kering, mulut kering, sakit kepala, migren, jarang buang air, dan urine berwarna gelap. Untuk tetap sehat, tubuh harus cukup cairan, apalagi saat beraktivitas berat yang tentunya membutuhkan lebih banyak asupan cairan.

Oke, tapi gimana kalau kamu suka malas minum air? Wah kayaknya kamu harus ikuti beberapa tips berikut ini

  1. Mungkin kalau air aja membosankan, bikin aja infused water! Coba tambahkan buah seperti lemon, strawberry, semangka, atau daun mint. Diamkan di kulkas beberapa jam lalu minum.
  2. Pesan makanan pedas saat makan. Selain bisa meningkatkan metabolisme, tentunya kamu akan minum banyak air biar mulut adem.
  3. Pesanlah air putih saat makan di restoran. Kamu bisa mengurangi kalori dan hemat uang untuk tidak memesan minuman lain. Bahkan ada juga kok air mineral yang gratis. Hehe
  4. Gunakanlah telepon pintarmu dengan pintar. Ehm.. maksudnya teleponmu bisa mengingatkanmu untuk minum, misalnya dengan aplikasi Waterlogged atau pasang alarm.
  5. Selalu dekat gelas atau botol minummu! Misalnya, di tas, meja kantor, bahkan meja kamar tidur. Itu akan selalu mengingatkan kamu untuk minum.
  6. Tandai botol minum dengan spidol permanen untuk menginformasikan waktu untuk minum dalam sehari pada jam-jam tertentu. 
  7. Asupan air untuk tubuh nggak cuma dari air minum aja, kamu bisa konsumsi mentimun, melon, semangka, anggur, dan sebagainya.
  8. Meminum air sebelum makan bisa turunkan berat badan. Kenapa? Karena kamu akan merasa sedikit lebih kenyang dan nggak akan membutuhkan kalori berlebihan dari makanan.
  9. Minum saat makan dan sesudah makan juga bisa bantu pencernaan jadi lancar. Pasti mau 'kan kalau jauh dari perut buncit?
  10. Kalau dengan meneguk terasa berat, kamu bisa gunakan sedotan agar meminumnya perlahan.

Well, siapkah kamu untuk minum lebih banyak? [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto jewelpie/corbis]