}
Komedo? Eeeew...!!
Tips

Komedo? Eeeew...!!

by Dewi
Tue, 12-Apr-2016

Komedo selama ini banyak dipercaya muncul karena wajah yang kotor. Ini bikin cewek-cewek yang rajin bersihkan wajah jadi bingung. Padahal komedo muncul karena pori-pori yang besar digabung dengan sebum [minyak] yang berlebih. Keringat dan kotoran pun dengan mudah masuk ke pori-pori yang besar. Bertemu dengan sebum yang berlebih, jadilah komedo.

Jangan dipencet-pencet! Berikut ini ada bahan alami yang mudah didapat untuk buat sendiri di rumah si penghilang komedo.

1. Baking soda. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan air bersih, aduk hingga membentuk pasta. Usapkan di bagian yang berkomedo, gosok perlahan, diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Perlu diingat, bahan ini tidak baik untuk kulitmu jika dipakai terlalu sering. Cukup lakukan 2x seminggu.

2. Kayu manis bubuk. Campurkan air lemon dengan satu sendok teh kayu manis bubuk. Buat menyerupai pasta. Usapkan pada bagian yang berkomedo, diamkan beberapa menit, bilas. Campuran ini bisa dipakai setiap hari sampai komedo hilang.

3. Masker dari putih telur. Pisahkan 1-2 putih telur dari kuningnya. Cucilah wajah dengan air bersih lalu keringkan. Oleskan putih telur ke area yang berkomedo, atau ke seluruh wajah. Biarkan kering. Oleskan lagi dan tunggu sampai kering. Ulangi hingga 5 lapis, pastikan lapisan sebelumnya sudah kering sebelum mengoles lagi. Setelah kering, bilas, kemudian oleskan pelembab wajah. 

4. Teh Hijau. Keluarkan daun teh hijau dari kantongnya, campur dengan air, buat menyerupai pasta. Gosokkan di bagian yang berkomedo selama 5 menit. Bilas dengan air hangat. Air teh hijau juga bisa menjadi toner, usapkan dengan menggunakan kapas.

5. Lemon. Iris tebal lemon lalu tambahkan setetes madu. Perlahan gosokkan irisan lemon ke area yang berkomedo atau ke seluruh wajah. Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

6. Madu dan tepung. Campurkan 1 sendok makan tepung dengan madu murni, aduk sampai benar-benar menyatu. Oleskan pada bagian yang berkomedo, diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Ini dapat diulang sesuai kebutuhan.

7. Pasta gigi dan garam [tidak cocok untuk kulit sensitif]. Campur 1 sendok teh garam meja dengan pasta gigi. Jangan garam laut ya! Cuci wajahmu. Jangan dilap, langsung oleskan campuran tadi di bagian yang berkomedo selama 1 menit. Bilas dengan air hangat.

Nah, bahan-bahannya mudah didapat di rumah kan? Yuk segera dicoba, dan siap-siap kiss bye to blackheads! [][teks @tantedow/lifehack.org | foto corbisimages.com]