}
7 Rahasia Kerja Cerdas
Tips

7 Rahasia Kerja Cerdas

by Pohan
Fri, 17-Apr-2015

Keja keras tidak selalu menjanjikan kesuksesan yang maksimal. Coba pikirkan deh, buat apa capek begadang sampai pagi buta untuk mengurusi setumpuk pekerjaan yang masih bisa dikerjakan keesokan harinya [tanpa deadline].

Tentu kita bisa mencapai hasil yang lebih baik dengan kerja cerdas. So, caranya?

1. Buat Rencana
Gagal dalam berencana berarti merencanakan kegagalan. Yup, pepatah lama ini benar adanya. Jadi, tulislah rencana dan jalani saja dengan kesungguhan. Tulislah rencana sesuai urutan prioritas.

2. Delegasikan

Individu bisa mencapai sukses dengan bantuan orang lain. Dua tangan selalu lebih baik dari satu. Delegasikan pada orang yang berkompeten untuk menghemat waktu.

3. Istirahat

Pekerja tidak hanya membutuhkan tidur malam yang baik, namun juga istirahat sejenak di sela kerja yang padat, misalnya dengan ambil cuti kerja satu hari atau 5 menit istirahat dalam satu jam bekerja.

4. Fokus pada Satu Hal
Multitasking adalah mitos. Percaya deh, hasil kerja jadi nggak maksimal kalau otak dipaksa harus mikir secara bercabang. So, fokus dulu deh hanya pada satu tugas pada satu waktu.

5. Hilangkan Perfeksionisme
Perfeksionisme bisa berdampak baik dan buruk; itu tergantung keinginan seseorang dalam mencapai hasil yang berkualitas. Selesaikan tugas perlahan dan teliti agar tenggat waktu terpenuhi.

6. Bersikap Fleksibel

Hanya karena waktu sudah menunjukkan jam pulang kerja, bukan berarti kita harus berhenti bekerja. Kerjakan tugas sampai selesai. Fleksibel lebih produktif 95% daripada orang yang kerja dengan jadwal yang tetap.

7. Improvisasi
Jangan pernah takut berinovasi  melakoni sesuatu. Biasanya, orang-orang yang sukses akan terus-menerus mencari cara untuk memperbaiki kesalahan dirinya sendiri dalam bekerja. [][teks @pohanpow/hubtitle.com | foto dok. breakroom.nora.com, hubtitle.com]