}
Aturan, Tips, dan Trik Main Gaple
Tips

Aturan, Tips, dan Trik Main Gaple

by Pohan
Fri, 17-Apr-2015

Domino dan Gaple punya aturan main yang beda. Yang belum pernah main Gaple atau lupa gimana cara mainnya, cek langsung di bawah ini:

Cara Main Gaple

  • Kartu Gaple ada 28 buah, dibagiin untuk 4 orang pemain. Setiap pemain dapat 7 kartu.
  • Permainan biasanya dimulai dari kartu 0:1 [peraturan di setiap tongkrongan berbeda].
  • Pemain yang punya kartu 0:1 menurunkan kartunya. Lalu, setiap pemain secara bergantian [searah jarum jam] menimpa kartu yang udah dilempar pemain sebelumnya asalkan angkanya sama.
  • Kalau pemain tersebut nggak punya kartu dengan angka yang sama, pemain itu harus dilewati langkahnya, dengan kata lain pemain tersebut kehilangan satu putaran.
  • Permainan Gaple akan berakhir kalau satu orang pemain udah ngabisin semua kartu di tangannya.
  • Bisa juga semua pemain nggak bisa menurunkan kartu lagi. Kalau kejadian kayak gini, jumlah sisa kartu harus dihitung. Yang paling kecil dialah pemenangnya.

Istilah-Istilah
Balak
Adalah kartu yang punya angka sama. Balak paling besar adalah Balak 6. Tapi kalau dalam posisi permainan berakhir dan kamu masih pegang Balak Kosong tanpa ada kartu dengan angka kosong, dihitungnya jadi 25.

Gaple
Istilah gaple dari pemainan Gaple adalah suatu kondisi permainan yang udah nggak mungkin dilanjutkan lagi karena kartunya udah nggak bisa turun lagi [sudah tidak ada lagi jalan]. Tapi bisa juga salah satu pemain emang sengaja bikin gaple, biasanya karena tau dia nggak mungkin habiskan kartunya.

Tips dan Trik

  • Setelah dapet 7 kartu, susun kartu yang sama berdampingan.
    Keluarin kartu yang gede dulu, misalnya Balak 6.
  • Hitung kartu yang udah keluar supaya bisa atur permainan.
  • Pura-pura “pas" dengan catatan bagian dari strategi bermain [tapi ini tergolong curang].
  • Banting kartu dengan pasti biar bunyi “cetarrr” [nggak ngaruh sama permainan, cuma biar keren aja].
  • Hati-hati sama orang di belakang [nggak ikut main], bisa jadi dia adalah mata-mata pemain lain.
  • Biar tambah seru main kartunya, tandain pemenang pakai lidi kecil atau korek batang. ‘Kan bakal ada 7 putaran, nah setiap pemain yang menang dapet 1 lidi kecil atau korek batang itu.
  • Kalau pemain tersebut bisa menang dari hasil bikin gaple, dia berhak dapat 2 lidi kecil atau korek batang.
  • Untuk pemain yang paling sedikit dapetin lidinya, dia berhak mendapatkan hukuman bermain dengan jongkok dan ngocokin kartu selama 7 puteran lagi. Gimana? Gampang kan? Yuk kocok dan bagiin kartunya.. [][teks @pohanpow/malesbanget.com | foto dok. 1mobile.co.id, grahamshawcross.com]