}
Personal Branding
Tips

Personal Branding

by Dewi
Tue, 26-Apr-2016

Terjemahan bebas dari Personal Branding adalah citra diri yang kita tampilkan, sehingga orang lain dapat menangkap kesan dan “membaca” siapa kita.

Personal Branding sudah bukan jamannya cuma milik politisi, artis, atau pengusaha. Kamu pun harus membangun personal branding. Kenapa? Karena dengan Personal Branding itulah orang lain akan tahu siapa kamu dan apa kemampuanmu, yang ujung-ujungnya tentu saja sangat membantu kariermu.

Untuk membangun Personal Branding, kamu harus tahu dulu apa minat dan kemampuanmu. Temukan, kerucutkan, asah! Misalnya kamu senang merancang pakaian. Nah kerucutkan: jenis pakaian apa, untuk usia berapa, bahan dan motifnya apa.  

Setelah itu giliran penampilan yang jadi perhatian. Coba lihat, apakah pakaianmu, gaya bicaramu, bahkan buku bacaanmu, sudah mewakili “brand” kamu?  

Produktif dan buatlah portfolio sebanyak-banyaknya. Nah supaya orang yang nggak kenal kamu pun tahu hasil karyamu, manfaatkanlah kecanggihan hari gini: medsos! Misalnya kamu punya FB atau Path, jangan cuma kasih jempol atau senyum di akun temanmu aja. Justru manfaatkan untuk mempromosikan diri dan hasil karyamu. Setiap postingan sangat berarti.

Perluas jaringanmu dengan LinkedIn. Di situ kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang bisa membantu kariermu. Jangan segan-segan untuk bertanya. Biasanya orang yang sudah berhasil nggak pelit kok dengan ilmu.

Kalau kebetulan kamu juga bisa menulis, buatlah blog atau sekalian website pribadi. Mintalah bantuan ahlinya supaya blog atau website kamu cukup menarik.

Yuk segera dimulai, karena Personal Branding sangatlah penting. Ciptakan identitas yang memiliki kekuatan dibandingkan dengan kompetitor. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto brandquarterly.com & ashleydash.com]