}
Kenali Penyebab dan Cara Halau Uban
Tips

Kenali Penyebab dan Cara Halau Uban

by Pohan
Tue, 26-Apr-2016

Rambut putih alias uban biasanya muncul pada usia tertentu. Tapi jika usia dini sudah beruban mungkin kamu sedang banyak masalah. Salah satu penyebab tumbuhnya uban penyakit keturunan.

Apa saja penyebab lain yang bisa menyebabkan uban tumbuh di usia dini?
» Stres dan ketegangan.

» Konsumsi alkohol, teh dan kopi dalam jumlah yang berlebihan.

» Diet yang salah.

» Kekurangan vitamin dan mineral pada usia muda.

Cara menghalau uban secara alami:

1. Buah Amla

Rebus potongan buah amla dalam minyak kelapa sampai menjadi hangus. Biarkan campuran dingin dan pindahkan ke wadah bersih lain. Oleskan minyak ini pada kulit kepala dan rambut setidaknya dua kali seminggu dan bilas.

2. Daun Kari

Ambil beberapa lembar daun kari. Rebus dalam minyak kelapa sampai berubah gelap, dan dinginkan. Setelah itu pijat rambut dengan minyak tersebut. Daun kari bisa dicampur dadih susu untuk memberikan manfaat yang lebih baik dalam mengatasi masalah uban.

3. Minyak Biji Wortel

Minyak biji wortel berguna untuk perawatan rambut putih. Kombinasikan dengan minyak wijen. Campur 1/2 sdt minyak biji wortel dengan 4 sdt minyak wijen. Oleskan pada rambut dan bilas dengan air hangat.

4. Lada Hitam

Campuran satu gram lada hitam dengan 100 gram yoghurt tanpa gula. Oleskan pada rambut kemudian bilas. Manfaat lain campuran ini oleskan ke rambut dan kulit kepala agar rambut tidak mudah rontok dan mengalami kebotakan.

5. Biji Gandum, Yodium & Jahe

Biji Gandum bermanfaat untuk perawatan rambut putih. Campur dua sendok teh biji gandum dengan susu.

Konsumsi makanan yang kaya akan yodium termasuk wortel, pisang dan ikan. Obat alami ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan rambut.

Jahe berguna untuk perawatan rambut putih. Campur parutan jahe segar dengan madu. Simpan dalam botol. Dianjurkan mengonsumsi 1 sdt campuran tersebut setiap hari. [][teks @pohanpow/findhomeremedy.com | foto dok. theayurveda.org, sonalishinha.blogspot.com]