}
5 'Ajian' Menang Lomba Lari
Tips

5 'Ajian' Menang Lomba Lari

by Pandu
Wed, 27-Apr-2016

Lagi demam banget lari nggak? Minat ikutan lomba? Iseng-iseng berhadiah aja, siapa tahu menang, ya kan? Sebelum ikutan lomba lari, kita perlu persiapan dulu ya. Ingat, ini bukan lomba 17-an yang sudah pasti dikasih hadiah kenangan.

Nah, Sebelum terjun ke balapan lari, ini lima tips yang bisa membawa kamu ke atas podium.

1. Peregangan

Sebelum dan sesudah lari, penting banget nih peregangan, terutama untuk warm up dan cooling down. Latihan kayak gini agar otot nggak kaku atau salah urat. Bisa kacau kan kalay cedera sebelum lomba. So, peregangan hukumnya wajib ya.

2. Latihan Maksimal 3x Seminggu

Nggak ada gunanya lari setiap hari. Justru itu akan membebani lutut. Cukup 3x seminggu. Tapi dengan porsi yang ditambah setiap latihan. Hari-1 = 5 Km, hari-2 = 10 Km, hari-3 = 15 Km. Ini akan pengaruh banget pada durabilitas dan catatan lari saat hari lomba.

3. Cross Training

Nah, pada hari nggak latihan lari, coba pindah ke olahraga lain. Ini mencegah kita dari kemandekan supaya otot juga tetap terolah. Pilih olahraga kardio, juga berenang, bersepeda, atau sepakbola. Mau tinju atau capoeira  juga boleh.

4. Nge-gym

Kesalahan terbesar pelari itu cuma lari. Nggak jalani resistance training [angkat beban]. Padahal ini penting untuk menguatkan otot dan mencegah cedera. Nggak perlu angkat beban berat, cukup yang standar tapi perulangannya banyak.

5. Makan yang Benar

Pelari perlu banget asupan karbohidrat karena olahraga kardiovascular menghabiskan itu. Tapi jangan lupa asupan protein agar tubuh nggak jadi cungkring. Jangan makan yang berlemak dulu ya sampai medali kemenangan ada di tangan! [][teks @HaabibOnta | foto demonocchiali]