}
Persiapan Masuk Kuliah
Tips

Persiapan Masuk Kuliah

by Dewi
Fri, 29-Apr-2016

Hai, kamu masuk kuliah tahun ini? Sudah pilih-pilih mau masuk kampus mana? Naaah, masalah itu saya serahkan padamu dan orangtuamu aja ya. Saya lebih tertarik untuk berbagi ke kamu tips persiapan sebelum masuk kuliah. Percaya nggak, teman saya salah satu persiapannya adalah beli mobil baru! Alasannya? Biar gaya..

Hahaha.. nggak mesti berlebihan gitu juga ya. Tapi kalo mampu ya terserah. Cuma inget, kita sebagai generasi muda kan harusnya ikut mengurangi kemacetan. Jadi mending andalkan transportasi publik deh. Misalnya ya Commuter Line. Oke, saya mulai dengan tips-tips yang saya "palak" dari teman-teman saya ya..

1. Beli baju. Kuliah nggak pake seragam, asik banget kan? Di sinilah sejatinya siapa dirimu terlihat jelas. Mau gaya barbie, hobo, rockstar, anak gunung, bebas.. Yang penting masih masuk batas kesopanan, pasti boleh dipake. Yang milih masuk kampus berseragam, saya no comment..

2. Beli pelembab kulit ber-SPF tinggi. Bukan soal ganjen. Tapi siap-siap dijemur saat masa orientasi. Percaya deh sama saya, pasti ada agenda jemur-menjemur. Minimal upacara pembukaan lah..

3. Cari kost-kostan. Ini buat yang kuliah jauh dari rumah. Entah itu di luar kota, luar pulau, atau hanya karena ingin menghemat waktu dan tenaga karena jarak rumah - kampus jadi berasa jauh banget akibat macet. Pastikan kamu cek kamar, kamar mandi, dan lingkungannya. Kamar sebaiknya kena sinar matahari ya supaya nggak lembab. Yang juga penting, harus sesuai dengan kantong ortu.

4. Buat yang nggak nge-kost, cari tau bagaimana cara ke kampus. Naik apa, berapa ongkosnya, kira-kira makan waktu berapa lama, dan juga rute alternatif.

5. Cari tau tempat fotocopy dan tempat makan sekitar kampus plus kisaran harganya. Laporan ke ortu jangan dilebihin ya, hahaha.. Buat yang nge-kost perlu tau juga di mana bisa mendapatkan makanan untuk sahur saat bulan puasa. Nggak mau kan keluyuran tak tentu arah di jam sahur?

6. Untuk jurusan kuliah tertentu, misalnya desain, biasanya punya laptop adalah kewajiban. Kalo belum punya, kamu nabung deh dari sekarang ya.

7. Terakhir tapi penting: mental. Kamu memasuki dunia kampus, di mana semua orang bebas berekspresi, kalo nggak kuat mental, bisa gawat.. Untuk kamu yang milih Kedokteran, jangan lupa siapin mental buat masuk kamar jenazah ya, nggak boleh diwakilin soalnya ;)

Nah, mudah-mudahan beberapa tips di atas bermanfaat ya. Pesan saya sih, nikmatin masa perkuliahanmu dengan poll. Karena setelah itu, waktunya kamu untuk serius cari duit, waktu bermainnya lebih sedikit :)  [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto repelita.com & gannonknight.com]