}
Tips Liburan Sehari Menikmati Alam Ciwidey
Tips

Tips Liburan Sehari Menikmati Alam Ciwidey

by Yogira
Thu, 05-May-2016

Kamu ingin liburan sehari di kawasan Bandung Raya, tapi bosan dengan suasana kota? Coba datang saja ke kawasan Bandung Selatan, tepatnya di seputar Ciwidey dan Rancabali.

Bagi orang kota, ‘melarikan diri’ dari kesumpekan rutinitas bisa jadi hal menyenangkan kalau memang dengan cara berwisata ke kawasan alam pegunungan. Nah, kawasan Ciwidey dan sekitarnya [ Ciwidey, Pasirjambu dan Rancabali] bisa menjadi pilihan untuk mengisi libuaran singkat. Panorama alamnya bisa menyejukan jiwa.

Tapi, pikirkan dulu secara matang kalau ingin berwisata ke sini pada hari Libur, pasti akan macet. Nah, agar tidak terjebak dengan situasi perjalanan yang mengecewakan, ikuti tips berikut ini.

1. Perkirakan Objek Wisata. Kalau ingin liburannya sehari saja, cukup pilih objek wisata Kawah Putih dan Situ Patengan, atau ditambah mandi air panas Walini sekitar satu jam atau petik strawberry.

2. Perkirakan Budget. Biasanya untuk satu mobil keluarga [7 orang], budgetnya Rp. 900 ribu-1 juta [BBM untuk pulang/pergi 300-400 ribu. Tiket masuk: 300-400 ribu. Makan 300 ribu/7 orang.

3. Perkirakan Waktu. 05.00-09.00: Jakarta-Ciwidey-Kawah Putih. 09.00-11.00: Kawah Putih. 11.00-12.30: Makan Siang, Break. 12.30-15.30: Wisata Situ Patengan. 15.30-20.30: Pulang ke Jakarta.

4. Persiapkan vitamin, obat, dan pakaian hangat. Karena kawasan Ciwidey dingin, bawalah pakaian hangat, obat-obatan, terutama untuk masuk angin, dan vitamin secukupnya. Jangan lupa berdoa

5. Berangkat Pagi. Kalau kamu perginya dari Jakarta, lebih baik memulai keberangkatan pukul 05.00. Biasanya sampai gerbang tol Kopo Bandung pukul 07.00-08.00. Perjalanan tidak terlalu macet

6. Ambil Jalur Alternatif. Kalau jalur utama Kopo Bandung-Sayati-Soreang-Ciwidey macet, kamu bisa pilih jalur Taman Kopo Indah-Cipatik-Soreang. Biasanya dari Soreang-Ciwidey tidak macet.

7. Ambil Jalur Alternatif ke Objek Wisata. Kalau ke objek wisata Kawah Putih macet, pilih jalur alternatif Panundaan-Citiwu-Barutunggul-Alam Endah. Ini khusus untuk mobil biasa atau motor, bukan bus.
[][teks @firza | foto foto info-bdg.blogspot.com, wikimedia.org]