}
Tips Motret dengan Hape
Tips

Tips Motret dengan Hape

by Pohan
Fri, 06-May-2016

Teknologi hari ini memanjakan kita. Apa kamu pernah melihat papan reklame “Difoto dengan iPhone 6”? Iklan terpasang di sejumlah jalan di ibukota. Seakan kita disuruh memilih cara yang lebih praktis dalam memotret tanpa harus menggunakan kamera profesional.

Beberapa hape merek lain juga memiliki keunggulan tersendiri dengan menawarkan spesifikasi kamera hingga 23 megapiksel. Inilah tips foto dengan hape:

1. Mengenal pengaturan kamera hape. Sebagian besar kamer hape memiliki fitur pendukung untuk mengontrol focus, exposure, white balance, dan ISO. Namun, tiap hape memiliki pengaturan kamera yang berbeda.

2. Cobalah untuk memotret sedekat mungkin pada objek saat mengambil gambar. Hindari penggunaan zoom ketika memotret dan gunakan layanan penyimpanan cloud gratis seperti Dropbox supaya memori tidak penuh.

3. Gunakan kamera belakang, bukan kamera depan. Memang dengan kamera depan lebih mudah selfie. Namun, tidak bisa dipungkiri kamera depan memiliki resolusi yang lebih rendah daripada kamera belakang.

4. Pakai lensa tambahan yang merupakan bagian integral dari proses pengambilan foto. Lensa tersebut akan memberikan efek khusus seperti efek makro atau fish-eye pada gambar.

5. Stabilkan kamera hape dengan tripod atau monopod agar hasilnya tidak kabur. Penggunaan tripod untuk pengambilan gambar kecepatan lambat. Sedangkan monopod untuk mengambil gambar dari jarak jauh.

6. Usahakan mengambil gambar di bawah pencahayaan alami. Intensitas cahaya mempengaruhi kualitas gambar. Tingkatkan exposure dan ISO pada pengaturan kamera hape dibanding menggunakan flash.

7. Atur komposisi angle yang baik. Perhatikan juga cahaya dan sudut pengambilan gambar. Ambil gambar dari angle yang berbeda. Banyak orang selfie dari atas, tidak dari bawah supaya terlihat menarik.

8. Kebanyakan kamera hape memiliki mode panorama. Jika tidak ada, kamu bisa mengunggah aplikasi yang bisa menghasilkan foto panorama. Mode ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan.

9. Tiap kamera hape memiliki fungsi yang terbatas. Gunakan saja aplikasi tambahan untuk mengolah hasil gambar seperti Camera+ yang tersedia untuk iOS. Last but not least, jangan ragu untuk bereksperimen. [][teks @pohanpow/hongkiat.com | foto dok. time.com, verizonwireless.com]