}
Tips Efektif Motret Lanskap
Tips

Tips Efektif Motret Lanskap

by Pohan
Mon, 16-May-2016

Lanskap atau pemandangan adalah objek yang terlihat mata secara lebar. Pastinya fotografer senang menangkap keindahan alam, baik pantai atau pegunungan. Sebenarnya, memakai kamera hape hasilnya cukup. Tapi kalau kamu ingin memakai kamera profesional nggak masalah. Yuk simak beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan untuk memotret lanskap.

1. Golden Time

Golden time adalah istilah yang populer dalam fotografi lanskap, yang maksudnya waktu terbaik untuk memotret. Biasanya sih satu jam sebelum dan sesudah matahari terbit atau tenggelam untuk mendapatkan blue hour [merujuk waktu senja ketika langit masih nampak biru namun lampu-lampu sudah mulai dinyalakan]. Sementara dua jam sesudah matahari terbit dan dua jam sebelum matahari tenggelam untuk mendapatkan sinar matahari yang paling bagus. Usahakan tiba di lokasi memotret satu jam sebelum matahari terbit.

2. Hasil yang Beda

Meskipun lokasi memotret sama dengan yang lain, hasil foto yang bagus tidak dibuat seperti pada umumnya. So, bagaimana mendapatkan hasil yang beda? Memotretlah dengan posisi low angle atau high angle. Jangan malas bergerak untuk mendapatkan hasil yang beda. Temukan angle baru, beberapa meter dari spot yang biasa digunakan banyak orang untuk memperoleh hasil yang beda.

3. Suasana dan Mood

Suasana pagi bisa membawa kegembiraan. Apa saja yang kita lihat seakan bersinar. Sedangkan menjelang sore biasanya membawa rasa nyaman untuk menyambut malam. Mendung juga memberi atmosfer yang berbeda. Untuk kawasan subtropis, musim semi, panas, gugur, dan musim dingin, masing-masing memberi atmosfer yang berbeda. Musim gugur misalnya muncul dedaunan aneka warna; sementara musim dingin salju nan putih mendominasi suasana.

4. Dapatkan Informasi

Alangkah baiknya kita melakukan survei lokasi sehari sebelumnya atau dari jauh-jauh hari, itu lebih baik. Supaya kita memahami spot terbaik dan tidak membuang waktu saat pemotretan, lebih praktis, cari informasi melalui teman, browsing di internet sembari liat foto-foto fotografer lain. [][teks @pohanpow | sumber & foto tipsfotografi.net]