}
Pasien Teladan
Tips

Pasien Teladan

by Dewi
Sun, 22-May-2016

Banyak orang membicarakan dokter harusnya begini begitu dsb. Tapi taukah mereka bahwa pasien juga sebaiknya melakukan beberapa hal agar pengobatan maksimal? Nah coba ikuti beberapa tips berikut ini ya..

1. Sebelum ke dokter, buatlah daftar keluhan atau gejala yang Anda rasakan, supaya dokter bisa mendiagnosa dan memberikan pengobatan yang tepat.

2. Pelajari prosedur seperti MRI, EMG, dan prosedur pemeriksaan atau pengobatan lainnya di internet. Ini supaya Anda siap dan paham bila suatu saat dokter menyarankan prosedur tersebut.

3. Jawablah semua pertanyaan dokter dengan jujur. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan cara dokter itu bertanya, apalagi sampai membuat Anda berbohong, cobalah ganti dokter lain.  

4. Nggak ada salahnya sebelum ke dokter browsing dulu untuk cari tau tentang keluhan Anda di internet, biasanya ini dapat membantu pemahaman kita tentang penyakit itu.

5. Patuhi anjuran dokter. Kalau anjuran itu dirasa aneh atau nggak cocok, carilah second opinion.

6. Buatlah health journal [catatan kesehatan]. Catat semua yang berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda, termasuk riwayat alergi dan pengobatan yang pernah dilakukan. Catat juga olahraga apa yang Anda lakukan. Catatan ini nantinya akan sangat membantu dokter untuk memahami kondisi Anda sehingga memperkecil kemungkinan salah diagnosa. [][teks @tantedow/lifehack.org | foto prepreg.co & asiamedtravel.com]