}
Cara Gila untuk Berhenti Merokok
Tips

Cara Gila untuk Berhenti Merokok

by Hagi
Wed, 18-May-2016

Ada banyak cara buat berhenti merokok. Tapi banyak yang mengaku belum bisa. Tentu saja itu hanya alasan karena memang tidak mau.

Berikut ini ada sejumlah cara gila yang mungkin Anda jajal. Berani coba?

ASPEK KESEHATAN
1. Idaplah penyakit jantung. Ini cara yang efektif. Kalo udah sakit jantung, tentu Anda akan segera berhenti merokok, kan?

2. Investasi di gigi. Perawatan intensif gigi itu mahalnya ampun-ampunan. Kalo Anda sudah bayar mahal buat itu, masak ya mau dikotori lagi dengan rokok?

3. Konsumsi makanan penguat. Bawang putih dan jahe ampuh buat menyedot semua bahan kimia akibat rokok. Coba deh!

4. Sikat gigi Anda setiap hendak merokok. Atau setidaknya gunakan obat kumur. Nafas jadi segar dan ada perasaan ogah merokok.

5. Untuk wanita: hamil-lah. Hamil akan --setidaknya-- bikin Anda berpikir sekian kali untuk meracuni janin yang Anda kandung.

6. Biasakan bersepeda ke gunung. Dijamin nggak akan pernah bisa nyampe, kalo Anda masih merokok.

ASPEK DUKUNGAN
1. Buatlah sebuah FB Group. Putra John Mellencamp melakukannya dan dalam jumlah like tertentu, sang ayah berjanji akan berhenti merokok.

2. Buatlah menjadi urusan keluarga. Tantang perokok lain di keluarga Anda untuk berhenti. Anda akan mendapat dukungan dari anggota keluarga lain.

3. Bertaruhlah. Ajak teman perokok lain buat bertaruh. Siapa yang nggak kuat, harus traktir makan siang selama sebulan.

4. Bayar denda. Siapa yang ketahuan merokok, mesti bayar ke teman lain yang nggak merokok.

5. Pakailah pin. Tulisannya: “jangan pernah menjual rokok kepada saya”. Atau “jangan kasih saya rokok.” Berani?

6. Buatlah blog. Ceritakan semua proses Anda mulai berhenti merokok. Dan konsekuenlah dengan itu.

7. Umumkan di sosmed. Kasih tahu semua orang bahwa Anda akan berhenti merokok. Mereka akan membantu men-support rencana itu.

ASPEK TERAPI
1. Laser. Orang bilang, laser bisa memberikan efek yang baik untuk berhenti merokok.

2. Akupunktur. Teknik penyembuhan dari China ini konon baik untuk merangsang Anda segera berhenti merokok.

3. Quitter. Ini adalah aplikasi yang bisa diunduh di smartphone Anda, untuk membantu Anda segera menghentikan kebiasaan merokok.

4. Menulis jurnal. Saat Anda ingin merokok, tulislah jurnal. Anda akan segera tahu kapan saja Anda ingin merokok dan berusaha menghentikan itu.

ASPEK KEPEPET
1. Bersihkan rumah. Jika rumah Anda bersih, maka merokok di dalam rumah akan sangat terlarang. Anda harus ke luar rumah, dan itu bikin males.

2. Pindah kerja. Cari perusahaan yang melarang karyawannya merokok selama bekerja. Anda akan terpaksa menghentikan kebiasaan itu.

3. Berkemah. Jelajahi alam bebas, dan tempat-tempat yang jauh dari warung rokok. Mudah kan?

4. Hang out ke tempat khusus. Tentu yang nggak boleh merokok, seperti bioskop, perpustakaan, museum, atau ke tempat ibadah sekalian.

ASPEK GANGGUAN dan PENGALIHAN
1. Tidurlah. Terutama saat Anda pengin banget merokok. Kalo siang, ya tidur siang lah. Coba deh.

2. Mengunyah biskuit anjing. Seorang wanita berhasil mengenyahkan keinginan merokoknya dengan cara mengunyah biskuit itu. Ugh, males juga sih.

3. Lakukan aktivitas fisik. Bersepeda misalnya. Atau bekerja keras. Yang penting Anda jadi nggak sempat merokok.

4. Main games. Alih-alih beristirahat sambil merokok, cobalah untuk bermain games. Yang penting nggak merokok.

5. Nyalakan sesuatu yang lain. Bukan rokok ya. Bisa lilin, bisa dupa, atau kompor. Pokoknya bukan rokok.

6. Punyailah hobi baru. Bunuhlah kesepian atau waktu kosong Anda dengan hobi baru. sesuatu yang bisa mengalihkan.

7. Ngemil kacang kulit. Atau kuaci. Ini bisa membuat tangan Anda sibuk. Nggak akan sempat menyalakan rokok.

8. Menabung. Atau investasi. Atau berderma. Daripada beli rokok, mending uangnya digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

9. Buatlah diri Anda lebih nyaman. Jika selama ini rokok membuat Anda merasa nyaman, coba konsultasi, atau apapun yang bisa mengurangi stres.

ASPEK PSIKOLOGIS
1. Kubur rokok Anda. Beneran. Bungkus semuanya dalam plastik, gali halaman belakang rumah Anda, dan kubur rokok Anda di situ.

2. Gunakan visualisasi kreatif. Bayangkan rokok Anda mengenakan sarung tinju dan bersiap memukul Anda. Sebelum itu terjadi, pukul duluan.

3. Minta dihipnotis. Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda berhenti merokok. Coba minta buat lebih banyak olahraga juga ya.

ASPEK MOTIVASI
1. Kunjungi pasien kanker paru-paru. Duduk di sebelahnya, dan dengarkan cerita mereka tentang penyebab sakitnya itu.

2. Gunakan uang untuk keperluan lain. Pindahkan alokasi dana rokok untuk keperluan lain. Beli buku, misalnya?

3. Mengingat hal lain yang pernah ditaklukkan. Kalo itu semua bisa Anda lakukan, mengapa yang satu ini belum bisa?

4. Perhatikan foto orang yang merokok seumur hidup. Bandingkan dengan yang tidak merokok. How about that?

5. Iming-imingi hadiah. Misalnya, saat sudah bisa stop merokok, Anda boleh membeli baju impian Anda.

6. Masukkan uang rokok Anda ke stoples. Perhatikan, berapa yang Anda bisa simpan jika berhenti merokok dalam sebulan.

7. Pelajari fakta rokok. Baca yang banyak tentang efeknya buat kesehatan Anda dan keluarga.

8. Bayangkan saat anak Anda ikutan merokok. Mereka akan selalu meniru orangtua kan? Anda sudah jadi contoh yang baik.

9. Buatlah rencana berlayar. Di akhir periode Anda berhasil berhenti merokok, pelesirlah dengan kapal pesiar. Menarik, bukan?

ASPEK SIKSAAN
1. Minum baking soda. Campur dengan segelas air, dan Anda akan jadi males buat merokok.

2. Kenakan karet gelang. Setiap Anda hendak merokok, tarik dan lepaskan karet gelang di tangan Anda. Sakit? Ya, begitulah.

3. Perhatikan foto akibat rokok. Lihat efeknya terhadap mulut, gigi, kerongkongan, dan paru-paru pengidap sakit akibat rokok.

4. Sisakan satu batang. Saat Anda hendak merokok, nyalakan, lalu langsung matikan. Simpan buat nanti.

5. Basahi rokok Anda. Jika datang rasa kepengin merokok, cium rokok basah itu. Baunya bikin ogah merokok. Dijamin.

6. Nyalakan beberapa rokok di ruangan tertutup. Rasakan dan lihatlah efeknya di dalam ruangan itu.

7. Tontonlah YouTube. Ada banyak video tentang efek merokok yang membuat Anda kian jengah dengan kebiasaan itu.

8. Merokoklah sampai Anda sakit. Kalo udah sakit, hancurkan bungkus rokok Anda, dan lupakan semua hobi merugikan itu. [][teks @evaevilia/pickthebrain.com | foto freeimages.com]