}
Tips Tidur Lebih Nyenyak
Tips

Tips Tidur Lebih Nyenyak

by Hagi
Wed, 18-May-2016

Tidur adalah satu cara tubuh untuk memulihkan diri. Mengumpulkan dan mendistribusi energi, sehingga kita bisa segar lagi, keesokan hari.

Tetapi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada saja gangguannya. Nah, berikut ini ada sejumlah tips untuk mendapatkan tidur berkualitas yang dikumpulkan LINIKINI dari wikihow.com.

1. Mandi air hangat di malam hari. Selain badan jadi segar, sembari mendinginkan diri, kegiatan ini akan membantu Anda tidur lebih baik.

2. Kenakan pakaian yang paling nyaman. Atau tak usah pakai sekalian. Tapi tetap pakai selimut ya. Menurut ahli spesialis tidur di Klinik Cleveland Sleep, tidur tanpa baju membantu mengatur suhu tubuh Anda.

Sebaiknya tidur dengan lengan dan kepala di luar selimut. Dan buatlah kaki Anda tetap hangat di dalam selimut, agar Anda tak terbangun karena kedinginan.

3. Tidurlah dalam posisi yang berbeda-beda. Mengubah posisi tidur akan membuat perbedaan besar dalam kualitas tidur kita. Usahakan kepala dan leher ada pada posisi lurus untuk menghindari risiko leher kaku karena salah bantal.

4. Gunakan bantal yang pas. Terlalu tipis akan bikin kepala Anda salah posisi. Demikian juga jika Anda menumpuk banyak bantal penyangga. Jika tidur miring, peluklah guling di antara kaki Anda, agar pinggul dan tubuh Anda ada pada posisi nyaman. Cobalah tempatkan bantal di bawah kaki, jika Anda tidur telentang.

5. Kurangi intensitas cahaya, satu atau dua jam sebelum Anda tidur. Cahaya terang sebelum tidur akan mengganggu jam internal tubuh. Berhenti menonton teve, dan menggunakan tablet atau ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur. Matikan semua sumber cahaya yang tidak perlu di kamar tidur Anda. Selain menghemat listrik, ini juga akan membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Jika Anda tak hendak mematikan lampu, gunakan masker penutup mata yang lunak, agar tidur Anda menjadi lebih santai.

6. Tambahkan suara lembut. Gunakan alat yang bisa menghasilkan white noise, seperti suara angin, hujan, air mengalir, atau dengung halus. White noise akan membantu otak untuk membuyarkan konsentrasi, sehingga Anda bisa menjadi lebih relaks dan tenang.

Pastikan suara-suara itu hanya sebagai pengantar tidur saja, dan akan berhenti setelah satu sampai dua jam sebelum Anda tidur.
Tentu saja, matikan ponsel Anda, atau set di mode silent agar tidur Anda tak terganggu.

Well, sudah siap tidur sekarang? Jangan di kereta ini ya. Dan oh ya, jangan lupa berdoa sebelum tidur. Selamat bobo. [][teks @evaevilia/wikihow.com | foto freeimages.com]