}
Usir Bau Badan!
Tips

Usir Bau Badan!

by Sherra
Tue, 21-Apr-2015

Bau badan emang mengganggu. Nah, biar nggak ada pembunuhan di KRL gara-gara bau badanmu mengganggu orang lain, simak fakta dan tips berikut ini yaa.. 

Sebenarnya keringat itu nggak bau, tapi karena keringat berjumpa dengan si bakteri, keringat yang suci itu menjadi ‘semerbak’.

Nggak usah panjang lebar deh, buat kamu yang masih berkutat dengan masalah bau badan, jangan sedih. Udah saatnya kamu menghilangkan si bau tak sedap. Caranya? Baca dan ikutin cara berikut ya..

Rajin Mandi
Eugh.. udah bau badan, trus males mandi? Sampai kapan pun nggak akan kelar! Mandilah 2 kali sehari, pagi dan sore. Tentunya bukan mandi ngasal kayak bebek, tapi bersihkan lipatan-lipatan seperti ketiak dengan benar. Dengan begitu, banjir keringat akan luntur dan bisa mengurangi bau badan.

Pakai Deodoran/Antiperspiran
Sebenarnya banyak banget produk untuk ketiak. Tapi kalau dibedakan, deodoran itu untuk cegah bau badan tapi nggak membantu mengurangi produksi keringat. Kalau antiperspiran adalah produk untuk kurangi keringat berlebih. Nah, antiperspiran ternyata memiliki risiko tinggi terhadap peradangan kulit, dan lebih baik kamu pakai deodoran aja. Sebelum pakai produk ini, keringkan dulu ketiak agar nggak lembab.

Pakai Pakaian Tepat
Keringat yang ngucur pastinya nempel di baju. Makanya, pakailah pakaian yang bersih dan mudah menyerap keringat. Hindari juga ya pakai pakaian yang sempit.

Kurangi Berat Badan
Kalau berat badanmu rasanya udah berlebih, hmm baiknya dikurangi ya. Berat badan berlebih bisa meningkatkan produksi keringat. Atur pola makanan yang sehat dan coba beberapa cara alami aja untuk menghilangkan bau badan.

Cukur Bulu Ketiak
Hmm, bulu yang tumbuh berlebihan di badan bisa bikin kamu gerah, menghasilkan keringat berlebih, dan jadi lembab yang pada akhirnya cuma bisa bikin bau badan.

Udah ngelakuin hal di atas tapi masih bau juga? Hmm.. coba ikuti cara selanjutnya..

Daun Sirih
Daun merambat ini punya banyak manfaat lho, salah satunya untuk hilangkan bau badan. Caranya..
  1. Coba aja kamu pakai air rebusannya untuk mandi. Ambil 30 lembar daun atau secukupnya. Rebus dengan air hingga mendidih. Lalu, campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan air rebusan daun sirih secara rutin.
  2. Petik beberapa lembar daun sirih, bersihkan dan tumbuk halus. Gosok tumbukan daun sirih itu pada kulit ketiak sebelum mandi, diamkan 10 menit. Bilas dengan air.
  3. Bisa juga kamu minum air rebusan daun sirih rutin sehari sekali, cukup segelas aja.
Jeruk Nipis
Potong 1 buah jeruk nipis, peras, dan gosokkan pada daerah ketiak. Kalau mengalami iritasi berat, hentikan pemakaian. Kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis tersebut dengan air daun sirih dan kapur. Selanjutnya, oleskan pada bagian tubuh yang bau.

Cengkih
Selain bikin masakan tambah sedap, cengkih juga bisa bikin bau badan jadi sedap. Ambilah beberapa buah cengkih, rendam dengan air hingga mengembang. Setelah itu, minum airnya, ehmm.. bisa juga kok kalau mau ditambah gula. Selain diminun, air rendaman cengkih bisa dioleskan pada ketiak.

Ketimun
Nggak cuma buat lalapan, kamu bisa manfaatkan timun untuk badan. Kupas 1 buah mentimun dan gosokan pada bagian badan yang bau setiap selesai mandi.

Kemangi & Daun Beluntas
Kalian suka makan lalapan dengan daun kemangi nggak? Pasalnya, mengonsumsi daun kemangi secara rutin [pagi dan sore] bisa menjauhkan kamu dari bau badan. Kamu juga bisa melalapnya dengan daun beluntas. Jangan ragu! daun beluntas dikenal memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. So, cuss.. langsung jadiin bahan lalapan!

Rimpang Temulawak
Kamu bisa minum air rebusan dari potongan rimpang temulawak secara rutin atau pakai sisa parutan temulawak di seluruh badan dan diamkan hingga kering.

Jahe
Sama nih kayak cengkih atau ketimun, jahe bisa minum secara teratur atau digosokkan pada bagian yang bau, terutama ketiak. Kira-kira ketiaknya jadi pedas dan hangat nggak yah? Kalo takut panas, coba sedikit dulu aja ya.. 

Kecombrang
Tanaman yang bernama lain Kantan atau Honje ini juga ampuh sembuhkan bau badan. Biasanya bagian yang digunakan adalah daun muda atau buahnya untuk rujak 7 bulanan. Kecombrang bisa dimakan dan bisa juga ditumbuk, lalu digosokkan ke badan yang bau.

Baking Soda
Nggak cuma ampuh buat jerawat, baking soda juga bermanfaat buat cegah keringat berlebih. Hmm, oleskan aja pada ketiak agar kamu nggak basket [basah ketek]!

Cuka Putih
Walaupun rasanya asam, ternyata nggak ngaruh pada keringat kok. Caranya, teteskan sedikit cuka putih pada kapas lembut, trus oleskan pada ketiak yang kering.

Nah, udah tau kan beberapa cara untuk mengusir bau badan? Hmm.. tapi tunggu dulu. Kamu juga harus mendukungnya dengan menghindari makanan penyebab bau badan, seperti: bawang merah, bawang putih, dan bumbu kari, daging merah, tembakau, alkohol, kafein, dan makanan olahan dan cepat saji. 

Tentunya perlu banget kamu imbangi dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto wellwithinyou.com/huffingtonpost.com]