}
Tips Foto Makanan
Tips

Tips Foto Makanan

by Pohan
Thu, 19-May-2016

Pamer makanan suatu hal yang lumrah pada era digital ini. Apalagi kalau penyajian makanan tersebut emang layak dibagikan. Setelah memotret, foto langsung diunggah via media sosial lengkap dengan informasinya.

Tak terkecuali fotografer profesional yang bertugas memotret menu makanan restoran. Beberapa hal mungkin lebih diperhatikan karena foto akan dicetak dengan ukuran tertentu. Inilah tips foto makanan secara umum:

1. Ketika memasuki rumah makan, cari meja dekat jendela atau cahaya yang baik untuk mengabadikan sajian makanan.

2. Motret sajian makanan yang simpel, penuh warna, dan mempunyai komposisi menarik. Misalnya kuning telur setengah matang atau sajian ikan salmon di restoran Jepang.

3. Nggak pake pikir lama-lama. Pas sampe di meja langsung aja motret karena komposisi warna makanan masih terlihat segar di mata kamera.

4. Carilah sudut yang bagus supaya ukuran, bentuk dan bahan makanan keliatan mengundang selera. Ambil foto dari sudut atas jika ingin menonjolkan tekstur atau derajat berbeda untuk menampilkan detil dan bentuk makanan.

5. Gunakan latar belakang netral saat memotret makanan seperti warna putih yang bisa menghasilkan efek pencahayaan netral dan mengimbangi komposisi warna.

6. Fokus pada detil objek misalnya memotret sepiring steak, pastikan bekas tanda panggangan [selang-seling] pada daging terlihat jelas dan berada pada posisi yang sempurna di atas piring.

7. Edit hasil memotret untuk memperkuat warna. Proses edit foto lebih mudah jika kamu sudah mengambil objek dengan fokus yang baik. [][teks @pohanpow/tipsfotografi.net | foto dok. blog.logomyway.com]