}
Pertolongan Pertama Kena Ulat Bulu
Tips

Pertolongan Pertama Kena Ulat Bulu

by Pandu
Mon, 30-May-2016

Jika waktu kecil pernah kena ulat bulu, sudah pasti kamu masuk kategori anak bandel. Iya kan? Pasti pernah dengar omongan gini “bandel sih kalau dibilanginnya. Rasain.”

Main di kebun pisang dan nggak sengaja kena ulat bulu, yang gatalnya minta ampun. Digaruk makin tersebar infeksinya. Nggak digaruk malah stres. Pertolongan pertama kena ulat bulu itu mudah. Nggak perlu napas buatan segala, apalagi kejutan listrik. Cukup lakukan ini dengan tenang.

1. Cabut dulu sengat atau bulu yang menempel pada tubuh. Benda ini yang bikin gatal. Jadi, kalau kulit yang kena bulu langsung digaruk, justru akan menyebar ke mana-mana.


2. Plester dengan kencang bagian yang terinfeksi, lalu cabut, tempelkan yang baru, dan cabut lagi. Lakukan berulang kali agar racun dari bulu ikut tercabut.


3. Cuci dengan sabun dan basuh dengan air hangat. Baju dan celana yang dipakai juga langsung direndam dengan air hangat agar racun hilang.


4. Setelah itu, kompres dengan es batu atau minuman dingin untuk mengurangi rasa bakar di kulit.


 5. Terakhir, monitor bagian yang terinfeksi, kalau tidak membaik juga, periksa ke dokter.


Jadi, kalau nanti anak kamu yang kena ulat bulu jangan diomelin, makin kejer justru nangisnya. Kalem aja dulu, lakukan cara tadi. [][teks @HaabibOnta | foto wikihow, earthtouchnews]