}
Basmi Bau Tak Sedap dari Kulkas
Tips

Basmi Bau Tak Sedap dari Kulkas

by Sherra
Sun, 05-Jun-2016

Kulkas digunakan untuk menyimpan makanan agar tetap segar. Tapi kalau kulkas bau, jangankan sayuran bisa segar, kita pun bisa kehilangan nafsu makan. Entah karena ada makanan basi, jamur di pintunya, atau ada tumpahan cairan makanan. Nah simak caranya berikut ini.

1. Matikan kulkas dan cabut kabel dari stop kontak.

2. Keluarkan seluruh isi kulkas dan buang makanan basi atau yang akan basi.

3. Saat kulkas dibersihkan, letakkan isinya dalam cooler dan tutup dengan es batu untuk pengawetan.

4. Turunkan semua rak, laci dan setiap bagian removable lainnya. Cuci dan bilas semua bagian. Jangan lupa untuk mengelap dinding dan lantai kulkas.

5. Buatlah campuran baking soda dan air. Larutkan 1/2 cangkir baking soda dengan air hangat. Gosok seluruh permukaan dengan campuran tersebut. Bisa juga ditambah satu sendok vanilli untuk bau yang menyengat.

6. Cuka putih menetralkan banyak bau seperti halnya baking soda. Letakkan secangkir atau semangkuk di lemari es, atau mencampurnya dengan air sebagai cairan untuk mengelap kulkas.

7. Selain cuka, bisa juga meletakkan semangkuk oats, bubuk kopi, cat litter, atau arang. Lakukan dengan membuka pintu kulkas dan mencabut kabel dari stop kontak. Biarkan sampai bau hilang.

8. Bersihkan juga botol bumbu dan wadah makanan sebelum memasukkan ke kulkas. Kadang-kadang bau buruk bisa melekat di sana.

9. Sebisa mungkin, simpan makanan dalam wadah kedap udara agar tetap segar lebih lama dan baunya pun nggak akan menyebar saat basi. [][teks @saesherra/wikihow, lifehacks | foto zopper.com/wonderhowto.com]