}
Sayangi Lingkungan
Tips

Sayangi Lingkungan

by Hagi
Tue, 07-Jun-2016

Lingkungan tempat kita hidup, kian hari kian terancam rusak. Berbagai polusi yang dihasilkan manusia, membuatnya tercemar dan bisa membahayakan diri kita. Peningkatan global warming pun terus terjadi. Satu dan lain hal harus kita lakukan agar hidup anak cucu kita bisa terselamatkan.

Berikut ini adalah gerakan yang bisa kita giatkan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan:

1. Hemat listrik, air, bensin. Matikan alat listrik yang tidak digunakan, kurangi penggunaan air, dan gunakan transportasi umum.

2. Hemat kantong plastik. Bawa kantong sendiri yang bisa digunakan kembali. Atau, gunakan kardus bekas jika belanja dalam jumlah banyak.

3. Hemat botol plastik. Daripada dibuang, gunakan kembali botol plastik untuk beberapa keperluan di dapur.

4. Hemat kertas. Hindari nge-print jika tidak penting sekali. Pakai halaman di baliknya untuk keperluan lain. Jadi bisa mengurangi penggunaannya.

5. Lakukan daur ulang. Tentu saja jika fasilitasnya ada. Atau pilah-pilah sampah, sehingga mudah untuk direcycle.

6. Kurangi sampah. Harusnya mudah. Tapi bukan dengan cara dibakar. Itu malah menambah masalah polusi.

7. Buat kompos. Bahannya dari limbah dapur, sisa buah dan sayur. Ada banyak tipsnya di internet.

8. Tularkan kebiasaan ke buah hati. Nah, ini yang kadang sulit. Karena untuk menularkan, kita perlu membiasakan diri dulu.

Semua itu nggak susah kok. Kita hanya perlu membiasakan diri. Dan mulailah dari diri sendiri, dari yang kecil, dan dari sekarang juga. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto pixabay.com]