}
Kram Kaki Aduh!
Tips

Kram Kaki Aduh!

by Pandu
Fri, 10-Jun-2016

Faktanya, tidak ada satu pun hal yang bisa mencegah kram. Sekalipun itu pemanasan sebelum olahraga. Serangan ini 100% terjadi tanpa ada aba-aba terlebih dahulu.

Lagi tidur aja bisa tiba-tiba kram. Duh! Biasanya kram menyerang otot kaki, perut dan lengan, kecuali punggung. Paling bahaya jika lagi berenang atau panjat tebing tiba-tiba kram. Bisa melayang nyawa.

Sebagai tindakan pencegahan meskipun tidak 100% berhasil, bolehlah tips di bawah ini tetap dicoba. Semoga membantu.

1. Tetap Terhidrasi

Beberapa ahli percaya bahwa kram disebabkan oleh dehidrasi. Karena itulah kadar air tubuh harus terjaga. Tetaplah minum air putih.

2. Isi Ulang Elektrolit

Saat saraf menegang, kram bisa terjadi. Usahakan tetap fokus dengan meminum cairan elektrolit atau memakan pisang dua buah.

3. Melompat

Cara sederhana untuk membuat tubuh santai dan tetap fit. Jadi nggak ada itu otot kaku. Bahaya bisa kram tiba-tiba.

4. Pemanasan & Pendinginan

Dua hal ini penting sebelum dan sesudah olahraga supaya tubuh nggak kaget. Dari aktivitas tinggi tiba-tiba diam.

5. Olahraga

Teruslah melatih otot tubuh supaya tidak kaku dan terserang kram tiba-tiba. Olahraga pun ada batasnya jangan terlalu dipaksakan. [][teks @HaabibOnta | foto lifewitheds.com]