}
Kunci Sukses Jadi Sekretaris
Tips

Kunci Sukses Jadi Sekretaris

by Dewi
Mon, 20-Jun-2016

Jika kamu pikir jadi sekretaris yang penting bisa ngetik dengan kecepatan super, salah besar! Itu hanya salah satu syarat. Sekretaris yang masuk hitungan piawai harus memiliki kemampuan-kemampuan berikut ini..

1. Datang tidak terlambat, sehingga kamu bisa menyiapkan diri, memeriksa jadwal atasanmu, dan menyiapkan materi yang diperlukan bila ada meeting. Jangan sampe deh atasanmu datang duluan..

2. Pertimbangkan untuk belajar menulis steno. Ini perlu banget terutama saat kamu menjadi notulis, atau atasanmu termasuk "Speedy Gonzales" saat memberikan perintah. Bila kamu merasa itu terlalu kuno, maka kecepatan mengetik kamu memang sangat diandalkan.

3. Disiplin dengan jadwal dan daftar yang sudah dibuat. Selalu update informasi yang kamu miliki di semua gadget yang kamu pakai untuk berkomunikasi soal kerjaan. Dan jaga inbox email kantor hanya untuk urusan pekerjaan, supaya email tersebut nggak tenggelam dengan tawaran promosi online shop atau notifikasi dari medsos.

4. Berkomunikasilah dengan efisien namun tetap ramah. Bila mengirim email, terutama dalam bahasa asing, baca sekali lagi dan cek grammar sebelum dikirim.

5. Dapat menjaga rahasia. Eits! Jangan ke mana-mana dulu pikirannya.. Atasanmu pasti sangat mempercayakan tentang banyak hal penting dan rahasia menyangkut pekerjaan, dan kamu NGGAK BOLEH ngerumpiinnya sana sini. Apapun informasi yang dimiliki atasanmu, meskipun itu kabar baik bagi karyawan, bukan menjadi tanggung jawabmu untuk menyampaikannya.  

6. Yang nggak kalah penting, kembangkan selera dan kemampuan humormu. Untuk apa? Percayalah, banyak hal sulit bisa dipermudah dengan sedikit humor. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto khmoradio.com & vox.com]