}
Cegah Dehidrasi Selama Puasa
Tips

Cegah Dehidrasi Selama Puasa

by Pohan
Fri, 17-Jun-2016

Kurang mengonsumsi cukup cairan atau kehilangan terlalu banyak cairan menimbulkan dehidrasi. Saat berpuasa tidak menutup kemungkinan kamu mengalami hal ini. Gimana supaya tetap aman berpuasa?

1. Minum air putih saat berbuka puasa. Setelah itu, minum lebih banyak untuk mengganti 8-12 gelas per hari. Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti: kopi, teh, cola dan minuman ringan lainnya. Saat sahur, dianjurkan minum jus ketimbang teh manis.

2. Pilih makanan yang tepat. Ini mempengaruhi tingkat hidrasi selama puasa. Sebaiknya hindari makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng dan makanan berminyak. Disarankan berbuka dengan yoghurt, atau salad untuk menghindari sembelit.

3. Jangan melewatkan sahur karena sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Nah, supaya tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik, pilih makanan berserat dan mengandung protein tinggi. Makanan yang lamban dicerna bertahan hingga 8 jam, makanan yang cepat dicerna hanya sekitar 3-4 jam.

4. Lakukan olahraga ringan supaya tubuh tetap fit selama berpuasa. Durasi olahraga yang dianjurkan 30 menit, dua jam setelah berbuka puasa. Sebelum berolahraga, minum 1-3 gelas air. Selama latihan, disarankan mengisi cairan secara berkala dan terus minum air setelah latihan.

5. Sebaiknya hindari panas. Kira-kira 15 menit jalan di bawah terik matahari bisa menyebabkan dehidrasi. Jadwalkan aktivitas luar ruangan di pagi hari atau malam hari. [][teks @pohanpow/emirates247.com | foto dok. livingloving.com, popsugar.com]