}
Mengatasi Gangguan Pendengaran
Tips

Mengatasi Gangguan Pendengaran

by Pohan
Mon, 20-Jun-2016

Umumnya, penyebab utama gangguan pendengaran adalah  faktor usia atau karena sering terpapar suara yang nyaring/keras. Menurut catatan WHO, sampai tahun 2015, sekitar 360 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan pendengaran. Miliaran orang di dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat cara penggunaan alat pemutar musik yang membahayakan pendengaran.

Tanda bahwa kamu mengalami gangguan pendengaran yaitu meminta orang lain untuk mengulang perkataan. Dua penyebab utama dari gangguan pendengaran adalah faktor usia dan suara nyaring. Kebanyakan orang mulai sedikit terganggu pendengarannya saat memasuki usia 40 tahun. Gangguan pendengaran akibat usia juga dikenal dengan nama presbikusis.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena gangguan pendengaran:

1. Tidak sembarang memasukkan benda ke dalam telinga, termasuk jari, korek kuping, kapas, dan tisu.

2. Lakukan tes indera pendengaran secara berkala jika sering terpapar suara nyaring saat bekerja.

3. Menghindari kegiatan yang berisiko mencederai indera pendengaran seperti berburu dengan senapan atau mendengarkan musik volume paling keras.

4. Memakai headphone yang bisa menahan masuknya suara luar, sehingga volume tidak perlu terlalu besar.

5. Konsultasikan ke dokter bila mengalami gejala-gejala infeksi telinga atau penyakit meniere [telinga berdenging)] supaya tidak berkembang menjadi kehilangan pendengaran. [][teks @pohanpow/alodokter.com | foto dok. completehearing.ca, otichearing.com]