}
Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Sendiri
Tips

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Sendiri

by Dedi
Fri, 01-Jul-2016

Idul Fitri tak lepas dari tradisi mudik dan untuk yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri, berikut tips-nya:

1. Persiapkan diri Anda baik secara fisik maupun mental. Sebaiknya hindari berangkat setelah pulang kerja, karena badan Anda masih lelah.

2. Cek kesehatan Anda terlebih dahulu, terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.

3. Siapkan makanan dan minuman terutama jika membawa anak. Sebaiknya jangan membeli makanan yang meragukan kebersihannya.

4. Siapkan peta mudik yang terbaru. Gunakan alat bantu petunjuk arah seperti GPS, jika diperlukan dan jangan ragu untuk bertanya jika kesasar.

5. Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi aktif untuk memudahkan dmelakukan panggilan jika diperlukan. Bawa baterai cadangan dan charger mobil.

6. Carilah posko-posko kesehatan yang disediakan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik jika Anda membutuhkan bantuan medis darurat.

7. Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahatlah secara periodik untuk mengatasinya. Utamakan keselamatan demi keluarga Anda.

8. Hindari memaksakan diri dengan meminum obat-obatan atau minuman energi penambah stamina jika Anda merasa lelah.

9. Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa kunci-kunci, sekering, dan busi cadangan.

10. Beristirahatlah yang cukup setelah tiba di tujuan sebelum silaturahmi ke sanak saudara. [][teks @dd_sarwono, kambingaqiqah.com | foto jadiberita.com, liputan6.com]