}
Tips Mengelola Uang untuk Mudik
Tips

Tips Mengelola Uang untuk Mudik

by Yogira
Wed, 22-Jun-2016

Mudik jadi momen asyik kalau kita mampu mengelola uang dengan ciamik. Yup. ciamik itu keren, misalnya dalam hal pengelolaan uang, termasuk untuk keperluan mudik Lebaran. Sayang kan kalau uang gaji dan THR bobol karena biaya mudik yang tak terduga. Agar itu tak terjadi, coba deh tips berikut ini.

1. Hindari Biaya Mudik dari Gaji Bulanan
Memisahkan THR dan gaji itu penting. Idealnya, biaya mudik tak mengganggu gaji bulanan.

2. Catat Biaya Mudik
Enam pos biaya harus diperhatikan, yakni: transportasi, akomodasi, konsumsi, rekreasi, angpao, dan lain-lain. Ini rinciannya:

    a. Transportasi
    Ini pos pengeluaran mudik terbesar. Pertimbangkan soal pembelian tiket transportasi dengan biaya pemakaian kendaraan pribadi.

    b. Akomodasi
    Hindari menginap di hotel ketika mudik. Anggaran biaya akomodasi bisa ditiadakan kalau perjalanan mudik lancar dan tepat waktu.

    c. Konsumsi
    Lebih baik persiapkan konsumsi dari rumah. Biaya konsumsi sering tak terduga ‘menguras’ uang. Hindari sering jajan dalam perjalanan.

    d. Rekreasi
    Anggaran disesuaikan dengan jumlah THR. Hindari memaksakan ke tempat rekreasi lebih mahal jika memang anggarannya tak memungkinkan.

    e. Angpao
    Anggaran disesuaikan dengan jumlah THR. Jika berbagi angpao harus ada saat di kampung halaman, sesuaikan dengan anggaran dari THR.

    f. Biaya Lain-lain
    Anggarkan berapa pun uang mudik untuk biaya lain-lain, seperti: parkir, servis kendaraan, sedekah, dll.

    3. Bawa Uang Tunai Secukupnya dalam Perjalanan Mudik

    Hindari membawa uang tunai berlebihan agar terhindar dari kejahatan dan sifat konsumtif.

    4. Sisihkan untuk Tabungan [Berapa pun Jumlahnya]
    Ini perlu karena bisa jadi antisipasi biaya tak terduga sepulang mudik. [][teks @firza/berbagai sumber | foto itsoktobeweird.com, lifehack.org]