}
Tips Turun Berat Badan
Tips

Tips Turun Berat Badan

by Hagi
Thu, 14-Jul-2016

Lepas dari bulan puasa, biasanya bobot tubuh melonjak naik. Ya, maklum saja, hidangan lebaran sering bikin kita lupa diri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dipraktikkan..

1. Tuliskan semua yang Anda makan selama seminggu. Sebuah studi menemukan bukti, cara ini bisa memotong 15% porsi makan Anda.

2. Tambahkan 10% dari jumlah kalori harian, saat Anda makan. Ini adalah jumlah akurat yang biasa Anda konsumsi. Jaga angka itu ya.

3. Carilah teman online dalam program penurunan berat badan. Sebuah studi menemukan teman online ini akan membantu Anda menjaga berat badan.

4. Buatlah sebuah mantra positif. Misalnya, “saya bisa menurunkan berat badan” atau “saya nggak akan ngemil hari ini”. Ucapkan berulang-ulang.

5. Setelah sarapan, fokuslah pada air putih, bukan yang lain. Rata-rata manusia perkotaan mengonsumsi tambahan 245 kalori dari minuman ringan.

6. Batasi suapan Anda. Atau kurangi porsi minuman yang mengandung gula. Ini bisa mencegah Anda bertambah gemuk.

7. Jauhi teve. Sebuah studi menemukan, makin banyak nonton teve akan membuat kita makin banyak ngemil. Nggak bagus kan?

8. Perbanyak kegiatan mencuci atau bersih-bersih. Aktivitas ini banyak membakar kalori. Anda akan tercengang melihat hasilnya.

9. Tunggu sampai perut Anda keroncongan, barulah makan. Kita sering makan karena bosan, gugup, atau frustasi. Ini jelek buat bentuk tubuh.

10. Saat Anda lapar, enduslah pisang, apel, atau peppermint. Mungkin terdengar konyol, tapi ini efektif mengurangi rasa lapar Anda.


11. Pandanglah warna biru. Tidak ada restoran cepat saji menggunakan cat warna biru kan? Karena warna itu menekan nafsu makan.

12. Makan di depan cermin. Sebuah studi menemukan bahwa kegiatan ini akan membuat Anda mengurangi porsi makan. Percaya?

13. Luangkan 10 menit dalam sehari untuk naik dan turun tangga. Kegiatan ini akan banyak membakar kalori. Asal jangan makan banyak setelahnya ya.

14. Gunakan 5 menit jalan kaki setidaknya setiap 2 jam sekali. Ini membuat Anda yang bekerja kantoran tidak terjebak terus di meja.

15. Porsi jalan kaki sehari Anda itu 45 menit, bukan 30. Karena porsi 30 menit, hanya berlaku untuk yang juga menjalani diet. Gimana?

16. Ganti camilan Anda ke yang versi rendah gula dan kalori. Mungkin lebih mahal, tapi kan baik untuk kesehatan.

17. Letakkan sendok dan garpu Anda di piring, setiap selesai suapan. Minumlah lebih sering. Dan perut Anda akan lebih cepat penuh.

18. Sisihkan baju-baju Anda yang gombrang. Itu hanya untuk menutupi tubuh Anda yang penuh lemak. Ayo, beralih ke baju ramping.

19. Kunci dapur dan kulkas Anda pada malam hari. Tidak ada alasan buat ngemil yang bikin kita malah tambah gemuk.

20. Sebelum makan malam, cobalah jalan kaki sebentar. Sebuah studi menemukan cara ini efektif memangkas selera makan Anda. [][teks @evaevilia/rd.com | foto freeimages.com, pixabay.com]