}
Yuk Ajari Anak Naik Kendaraan Umum!
Tips

Yuk Ajari Anak Naik Kendaraan Umum!

by Dewi
Thu, 28-Jul-2016

Memperkenalkan anak pada kendaraan umum sangat baik, terutama bagi anak-anak yang terbiasa diantar dengan kendaraan pribadi. Banyak hal yang bisa anak dapatkan dengan naik kendaraan umum.

Pertama, melatih kesabaran. Sabar menunggu datangnya kendaraan yang nggak tetap jadwalnya, sabar berpanas-panasan, dan sabar menunggu giliran untuk naik.

Dengan naik kendaraan umum anak pun dilatih keberaniannya untuk menghadapi orang asing. Jangan lupa bekali dia bagaimana cara menghadapi orang asing ya. Naik kendaraan umum juga melatih kepekaan anak karena dia berinteraksi dengan banyak orang dengan usia, latar belakang, dan pekerjaan yang berbeda-beda.

Sebelum membawanya naik kendaraan umum, sebaiknya berikan gambaran seperti apa suasana yang akan dia temui nanti sesuai jenis kendaraannya. Suasana dalam angkot tentu akan berbeda dengan suasana dalam busway.

Buatlah janji dengannya kapan kalian akan naik kendaraan umum sehingga anak siap pada saat yang telah ditentukan. Untuk anak yang lebih kecil, pastikan anak sedang dalam kondisi sehat, dan persiapkan beberapa hal untuk dibawa saat berkendaraan umum. Seperti makanan kecil, air minum, tissue basah dan kering, hand sanitizer, handuk kecil serta baju ganti apabila nanti dia berkeringat. Jangan lupa untuk membawa juga salah satu mainan favorit anak yang dapat diandalkan bila anak mulai rewel atau bosan.

Selamat mencoba! [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto scholastic.com & cdn.skim.gs]