}
5 Persepsi Keliru yang Darah Muda Percaya
Tips

5 Persepsi Keliru yang Darah Muda Percaya

by Pandu
Wed, 03-Aug-2016

Bang Rhoma bilang, Darah Muda adalah mereka yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah. Yang berapi-api, yang maunya menang sendiri, walau salah tak perduli.

Seringkali sih begitu. Bahkan di antara sombong yang digagahkan itu ada kalanya tersempil pikiran kerdil. Jika masih punya persepsi keliru macam ini, ayolah beranjak.

#1. Sendiri berarti kesepian

Nggak juga. Sendiri itu situasi. Kesepian itu kondisi hati. Kesepian itu bisa terasa sekali pun lagi di tempat ramai. Mengutip dari Cak Nun untuk para bujang, “Hanya kesunyian yang mampu mengajarkan kita untuk tak mendua”. Jadi nggak perlu ambil pusing dengan kata ‘sendiri’.

#2. Baru bisa bahagia kalau punya semuanya

Orangtua bisa bahagia kalau lihat anaknya bahagia. Okelah rekening gendut, tapi kalo muka jadi merengut melulu, orangtua kira-kira seneng lihatnya nggak? Kalau bahagia nunggu punya semuanya, bisa gila duluan. Bahagia --kata Mahatma Gandhi-- ketika pikiran, ucapan, tindakan harmonis.

#3. Gue mah apa atuh?

Sebagai lelaki pasti punya gengsi ketika direndahin orang lain. Lha ini kenapa malah merendahkan diri sendiri? Pake minderan segala. Mengutip dari Imam Besar The Panas Dalam, Pidi Baiq, “Manusia itu lebih luas dari cacian dan lebih besar daripada pujian”. Kalem, angkat kepala, tegakkan badan, jangan merendahkan diri sendiri.

#4. Hidup yang pasti-pasti aja

Ayolah, nggak ada yang pasti. Bahkan ramalan aja bisa meleset. Kalau gitu melesatlah. Nggak perlu ragu atau takut. Sikat aja dulu. Hanya ada satu hal yang pasti, bahwa nggak ada orang di dunia ini yang akan lolos hidup-hidup. Semua ada waktunya

#5. Dia mah enak, bla bla bla ..

Jangan gerutu karena dia bibit, bebet, bobotnya nggak kayak kamu. Darah itu merah, kamerad! Nggak ada yang biru atau hitam. Tenang aja, bahagia ditentukan diri sendiri. Bukan orang lain. [][teks & foto @HaabibOnta]