}
Memilih Karier Yang Tepat
Tips

Memilih Karier Yang Tepat

by Dewi
Tue, 09-Aug-2016

Sebagian orang sejak kecil sudah tau ingin jadi apa. Maka mereka akan merintisnya sejak usia sekolah dan memilih jurusan kuliah yang tepat. Tapi bagaimana dengan orang yang belum tau arah, lalu terjebak dalam pencarian yang nggak kunjung berakhir?

Nah, beberapa pertanyaan berikut ini adalah untuk membantu kamu yang termasuk dalam golongan tadi, masih bingung mau berkarier sebagai apa..

1. Pertama tanyakan dirimu: Apa yang kamu sukai? Apa kelebihanmu? Sepertinya pertanyaan mudah, tapi perlu dipikirkan masak-masak. Jangan banyak bertanya ke teman-teman, nanti malah hilang arah. Setelah tau kelebihanmu, bekali diri dengan banyak pengetahuan dan keterampilan yang mendukung, supaya semakin matang. 

2. Lalu, kamu lebih suka mempromosikan atau fokus pada menjaga hasil kerja? Sebetulnya untuk menjadi pekerja yang jempolan dibutuhkan keduanya, tapi fokus ke salah satu akan memudahkan pengambilan keputusan. Promosi biasanya untuk orang yang kreatif, impulsif, menangkap setiap kesempatan yang ada. Sedangkan yang satunya lebih ke perencanaan, kecermatan, dan analitis.

3. Kamu suka lingkungan kerja yang seperti apa? Untuk pertanyaan ini, kenali dirimu dengan baik, introvert atau ekstrovert. Jika kamu introvert, biasanya butuh lingkungan kerja yang tenang. Sebaliknya dengan ekstrovert, maka kamu akan cocok dengan lingkungan yang sibuk dan “berisik”, banyak berhubungan dengan klien dan public speaking.  

4. Nah sekarang pertimbangkan baik-baik, kehidupan seperti apa yang mau kamu jalani? Misalnya, kamu suka kerja keras, nggak keberatan bekerja tanpa batas waktu atau lebih memilih kerja 9 to 5. Kalau kamu suka 9 to 5, mungkin kamu cocok kerja di bank. Di bagian HRD atau Keuangan sebuah perusahaan juga bisa. Kalau kamu tipe pekerja keras yang nggak keberatan dengan jam kerja yang panjang, cobalah karier di bidang kreatif, marketing, atau pemberitaan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! [][teks @tantedow/brazen.com | foto journyx.com & plus.google.com]