}
Risiko dan Tips Pake Earphone
Tips

Risiko dan Tips Pake Earphone

by Pohan
Wed, 29-Apr-2015

Kemajuan teknologi memudahkan para penikmat musik dengerin lagu-lagu favoritnya, kapan pun, di mana pun. Misalnya teknologi pada earphone.

Ada banyak tipe earphone dari berbagai macam merek, baik yang murah maupun mahal. Namun, perlu diperhatikan juga ya, pemakaian earphone tetap memiliki efek samping bagi telinga. Earphone nggak cuma mempengaruhi penggunanya, tetapi juga lingkungan. Nah, inilah risiko kalau kita pake earphone:
    
Komplikasi atau Gangguan Pendengaran
Suara yang mencapai telinga langsung tidak boleh melebihi 90 desibel saat menggunakan earphone. Setiap volume di atas desibel tersebut ada dampaknya lho. Idealnya, seseorang tidak harus menggunakan earphone terus menerus selama lebih dari 15 menit. Soalnya, ada ancaman gangguan buat pendengaran kalo volumenya terlalu kenceng.
    
Infeksi Telinga
Berbagi earphone dengan orang lain tidak aman karena bakteri dari telinga orang lain bisa menyebabkan infeksi pada telinga. So, kita harus punya earphone pribadi yang hanya kita pakai sendiri.

Penyumbatan Saluran Udara
Ada banyak perusahaan yang memproduksi earphone dan memastikan kualitas audio yang jernih dan nyaman bagi konsumen mereka. Untuk mendapatkan kualitas terbaik itu, konsumen harus memasukkan earphone langsung pada saluran telinga dan ini akan mengakibatkan penyumbatan saluran udara. Parahnya, itu bisa menyebabkan infeksi telinga hingga kehilangan pendengaran. Ngeri!
    
Efek Samping pada Otak
Earphone dan headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang berbahaya bagi otak manusia. Namun, tidak ada studi yang dapat membuktikan hal ini. Tapi mereka yang menggunakan earphone, bluetooth dan headphone setiap hari adalah rentan terhadap masalah yang berkaitan dengan otak.

Sakit pada Telinga
Mereka yang menggunakan earphone dan headphone teratur cenderung mengunjungi dokter dengan keluhan nyeri pada telinga. Tidak heran, pengguna aktif earphone/headphone biasanya mendengarkan suara-suara aneh dan dengungan yang berbeda pada telinganya. Ada studi yang membuktikan bahwa penggunaan earphone yang berlebihan dapat mengakibatkan mati rasa dan nyeri di telinga.

Tindakan pencegahan yang harus diambil ketika menggunakan earphone:

  • Berhenti menggunakan earphone stylish berukuran kecil yang masuk saluran telinga secara langsung. Gunakanlah penyuara kuping alternatif lainnya seperti headphone.
  • Miliki earphone pribadi. Jangan meminjamkannya dengan orang lain sekalipun teman dekat atau anggota keluarga.
  • Jika earphone memiliki karet atau spons penutup, ganti setidaknya satu kali dalam sebulan.
  • Jangan memutar musik dengan volume tinggi. Usahakan selalu mengaturnya pada volume di tengah [tidak terlalu kecil/besar].
  • Hindari memutar musik dengan volume tinggi saat bepergian, misalnya berjalan di trotoar atau mengendari sepeda motor. Ini malah bisa menimbulkan bahaya karena si pemakainya tidak mendengar apapun di sekitar.
  • Cobalah untuk memberikan istirahat untuk telinga sekali setiap 15 menit. [][teks @pohanpow/thehealthsite.com | foto dok. aliexpress.com, hercampus.com]