}
Nasihat Buat Newbie Runner
Tips

Nasihat Buat Newbie Runner

by Pandu
Sun, 11-Sep-2016

Lari itu olahraga simpel yang bisa dilakukan di mana dan kapan aja. Sendirian juga nggak masalah. Biasanya yang sudah pernah coba jadi ketagihan. Karena nggak ribet sama sekali.

Nah ini nasihat buat newbie yang baru mau lari-lari kecil dari kenyataan.

#1. Selalu Pemanasan, Coy!

Yang udah pro juga masih pemanasan kok, biar tubuh siap buat diajak olahraga. Otot juga lentur nggak kaget pas diajak lari. Ya kali, yang pro aja pemanasan, masak Commuters nggak? Tu, wa, ga, pat, ma, nam, juh, pan.

#2. Selow aja, selow..

Nggak usah buru-buru langsung ingin kencang dan jauh treknya. Selow aja. Pelan-pelan. Bertahap kalau mau naik level. Nggak mendadak, Jangan iri lihat statistik lari orang lain. Kalem, ada waktunya, lo lari sekencang mereka. Blaaar!

#3. Jangan kehausan!

Nggak mungkin banget ya? Lari mah pasti haus. Maksudnya itu jangan dehidrasi. Biasain minum air putih 3-4 gelas 2 jam sebelum lari. Supaya tubuh punya cairan yang pas ketika lari. Pandanganmu juga nggak kunang-kunang.

#4. Nafas dari hidung..

Iyalah, masak nafas dari mata? Tapi keseringan orang kalau sudah capek nafas itu asal-asalan. Nggak boleh begitu. Nafas dari hidung. Buang dari mulut. Ini melatih fokus dan konsentrasi juga lho. Tariiiiiikk-buaaaaaaaang.

#5. Lari aja dulu..

Nggak usah mikirin perintilan nggak penting. Kaos kaki lah, baju lah, headband lah, apalah-apalah. Nih ya lari itu cuma perlu sepatu lari, niat, aksi, dan --kalau ada-- handphone buat nyatet statistik. Sisanya mah selow. Yok kita lari!

#6. Kalau capek, ya jalan!

Nggak usah dipaksain. Lari itu soal konsistensi, bukan asal rekor. Selama bisa mencapai target 5K misalnya, jalan juga nggak masalah kok. Daripada berhenti dan menyerah. Yah itu sih payah. Terusin aja, lari kan olahraga individual. Target lo ya buat lo.

#7. Gila, jangan tiap hari!!

Kalau tiap hari bisa cedera, lho. Apapun alasannya, lari setiap hari cuma akan membebani tubuh. Pengin kurus ya nggak mesti gitu-gitu amat sih. Dua atau tiga hari sekali cukup kok. Pola makan dan lari juga diatur.

#8. Ganti menu..

Pas lagi libur lari, pilih menu lain misalnya plank, squat, atau push up. Jadi tubuh tetap bugar dan terjaga. [][teks & foto @HaabibOnta