}
Bukan Asal Cemplung
Tips

Bukan Asal Cemplung

by Dewi
Mon, 03-Oct-2016

Gini hari nyuci baju sudah jauh lebih mudah dibanding jaman orangtua kita dulu, pake papan penggilasan, OMG!

Tapi jangan salah, nyuci pakai mesin cuci juga bukan asal cemplung, bisa kacau balau nanti baju-baju kita. Ada langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan sebelum baju-baju itu nyemplung ke dalam mesin cuci. Yuk dibaca..

Sebelum baju-baju masuk ke mesin cuci, periksa dulu semua kantong siapa tau masih ada permen atau uang seratus ribuan. Peniti-peniti dilepas dulu. Retsleting jangan biarkan terbuka, yang ada tali-nya jangan lupa untuk diikat. Tapi semua yang ber-kancing biarkan terbuka, supaya lubang kancingnya nggak bertambah besar akibat pakaian “terbetot-betot” saat mesin cuci berputar. Dan jangan lupa pakaian harus dibalik dulu sebelum masuk ke mesin cuci.

Sebaiknya kita punya kantong dengan retsleting [atau kantong berupa jaring yang biasanya tersedia di counter yang menjual barang-barang dari Jepang], fungsinya untuk pakaian dalam dan pakaian yang berbahan halus sehingga bentuknya tetap terjaga baik walau kita cuci dengan mesin cuci.

Jika ada pakaian yang kena noda, hilangkan dulu nodanya sebelum dicampur dengan pakaian lain di dalam mesin cuci atau sebelum dimasukkan ke dalam pengering. Klik di sini untuk cara menghilangkan berbagai macam noda.

Nah sekarang kita siap mencuci. Oya, pisahkan pakaian putih dengan yang berwarna ya. Kamu nggak pengin tiba-tiba kemeja putih kamu jadi bermotif kan? Dan gunakan detergen yang lembut serta ramah lingkungan ya..

Ups! Catat: nggak semua bahan bisa dicuci dengan mesin cuci. Wol, sutra, rayon, dan linen sebaiknya kamu cuci dengan tangan aja supaya awet. Gunakan detergen lembut dengan air hangat suam-suam kuku. [][teks @tantedow/marthastewart.com | foto huffingtonpost.com & helpling.com]