}
Tips Cepat Belajar Bahasa Asing
Tips

Tips Cepat Belajar Bahasa Asing

by Intern 2
Mon, 10-Oct-2016

Manusia sudah pasti tidak bisa terlepas dari belajar. Sejak mulai bayi pada usia dini, proses belajar sudah dimulai. Belajar berdiri, belajar berbicara, belajar menyanyi, bahkan belajar menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam percakapan sehari-hari.

Nah, berbicara soal bahasa, kali ini kami ingin mengulas tips-tips untuk belajar bahasa asing dengan cepat. Yuk, disimak!

1. Pilih bahasa yang ingin kamu pelajari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pilih bahasa apa yang ingin kamu pelajari beserta alasannya. Mengapa kamu tertarik mempelajari bahasa itu? Apa yang memotivasi kamu untuk bisa berbahasa tersebut? Semua pertanyaan itu sudah seharusnya kamu ketahui alasannya. Hal ini agar kamu bisa tetap fokus dan mengetahui tujuan awal kamu belajar bahasa baru.

2. Cari teman sebanyak-banyaknya

Kumpulkan orang-orang yang kamu tahu sama-sama ingin belajar bahasa baru. Dengan begitu, mereka dapat membantu kamu dalam berinteraksi dan melatih kosakata-kosakata baru serta pelafalan-pelafalan yang mungkin masih asing kamu dengar. Selain teman-teman yang sedang sama-sama belajar, kamu juga bisa mencari teman native. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa Belanda, maka carilah orang asli Belanda untuk kamu berlatih berbicara dan meningkatkan kualitas berbahasamu.

3. Belajar sendiri juga tidak masalah

Kalau kamu adalah tipe self-learner, belajar sendiri pun tak menjadi masalah. Sering-sering berbicara di depan kaca untuk melatih ke-pede-anmu. Selain itu, kamu juga bisa merekam dan mendengar ulang suara kamu untuk mengingat materi-materi yang telah kamu pelajari sebelumnya.

4. Banyak-banyakin nonton film subtitle

Ada yang berkata, kalo sedang belajar, jangan sambil nonton film. Namun, jika kamu sedang belajar bahasa asing, justru nonton film adalah hal yang penting lho. Dengan kamu menonton film berbahasa asing, kamu bisa mendengar dan melatih kepiawaianmu dalam mengucap kosakata asing. Selain itu, subtitle yang kamu baca akan sangat membantu kamu dalam mengartikan ucapan yang kamu dengar.

5. Kursus bahasa tidak harus mahal kok

Hari gini, kamu bisa mencari banyak sumber untuk belajar. Salah satu sumber termudah tak lain dan tak bukan adalah internet. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali materi dari internet. Bahkan, kursus bahasa asing sudah banyak tersedia lho. Tenang saja, banyak sumber yang menyediakan kursus online gratis kok, tanpa kamu harus mengeluarkan sepeser rupiah pun!

6. Kamu harus kepo!

Belajar bahasa memerlukan rasa ingin tahu yang tinggi. Setiap kali kamu mendengar atau melihat kosakata baru, jangan lupa dicatat dan langsung cari tahu artinya. Semakin besar ke-kepoan-mu, semakin besar pula kesempatan kamu untuk menjadi ahli bahasa asing.

7. Latihan, latihan, latihan

Asah terus kemampuan kamu dengan membaca, menulis, dan mendengarkan. Setelah kamu menonton film, kamu bisa iseng-iseng menulis kembali alur cerita atau percakapan-percakapan di film tersebut dengan bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Lalu, cobalah membuat interaksi dengan teman-temanmu, atau cukup kamu sendiri di depan cermin. Semua keisenganmu itu pasti akan bermanfaat kok.

8. Kamus saku dan elektronik adalah sahabat terbaikmu

Jika kamu sedang belajar bahasa asing baru, jangan lupa untuk selalu membawa kamus saku di tasmu. Atau, jika kamu ingin lebih digital, unduhlah aplikasi kamus di gadgetmu. Kamus itu akan sangat bermanfaat jika untuk memecahkan ke-kepo-anmu jika kamu tiba-tiba menemukan suatu kosakata baru.

9. Jangan lupa bersenang-senang!

Belajar bahasa asing memang bukan hal mudah, namun bukan berarti tidak mungkin kamu lakukan. Jika kamu menjalani sesuatu dengan hati yang senang, maka kamu tidak akan pernah menganggapnya sebagai beban. Yuk, tingkatkan motivasi kamu untuk belajar bahasa asing dan yang terpenting, jangan lupa untuk tetap bersenang-senang selagi belajar!

[][teks @sekarichi | foto proschoolonline.com, lrbloggar.se]