}
Selamat Tinggal, Panu!
Tips

Selamat Tinggal, Panu!

by Pohan
Wed, 06-May-2015

Ada panu pada kulitmu? Pasti bikin kamu nggak pede ya. Panu adalah salah satu penyakit kulit. Namanya kerennya, Tinea versicolor. Penyebabnya adalah jamur yang ditandai bercak pada kulit yang disertai rasa gatal saat berkeringat.

Ciri-ciri Panu berwarna putih, cokelat, atau merah tergantung warna kulit penderita. Panu muncul pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, wajah, dan kepala.

Inilah cara mencegah panu:

  • Selalu memperhatikan kebersihan diri.
  • Keringkan handuk setelah digunakan dan ganti secara rutin.
  • Rajin mandi agar daki tidak menumpuk.
  • Simpan pakaian atau aksesoris di tempat kering [sirkulasi udara lancar].

Dalam mengobati panu bisa menggunakan obat luar berupa krim oles yang mengandung 2% Mikonazole Nitrat seperti Kalpanax, Daktarin, dan lainnya. Sementara bagi penderita yang ingin mengatasi panu dengan cara alami siapkan bahan-bahan di bawah ini dan ikuti petunjuknya:

1. Bawang Putih

Ambil 1-2 butir bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian dan gosokkan pada bagian yang terdapat panu. Lakukan 2 kali sehari hingga jamur penyebab panu mengelupas.

2. Lengkuas

Pilih lengkuas yang memiliki kandungan air cukup banyak. Oleskan air dari hasil tumbukan lengkuas pada kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin sehabis mandi, maka panu berangsur hilang.

3. Belimbing
Selain mengandung banyak vitamin C, belimbing bisa mengobati panu. Campur air tumbukan belimbing dengan kapur sirih, kemudian oleskan pada kulit. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari agar panu cepat hilang.

4. Belerang/Sulfur

Seperti kita ketahui, belerang dikenal manfaatnya untuk mengatasi penyakit kulit termasuk panu. Tumbuk belerang sampai halus, campur air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada panu. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto berbagai sumber]