}
Memilih Bimbel
Tips

Memilih Bimbel

by Dewi
Wed, 21-Dec-2016

Setau saya, awalnya tempat-tempat bimbingan belajar atau bimbel muncul mendekati ujian kelulusan. Jadi target utamanya adalah anak-anak kelas akhir di SD/SMP/SMA. Tapi kini banyak tempat bimbel yang menawarkan kelas untuk tingkatan lebih awal. SD biasanya mulai kelas 4, SMP dan SMA sudah dibuka mulai kelas 7 dan 10.

Tujuan mengikuti bimbel tentu aja untuk memaksimalkan diri melalui latihan dan try out. Baik untuk kenaikan kelas maupun ujian kelulusan dan masuk perguruan tinggi. Sekarang ini banyak banget bimbel di mana-mana, semua memiliki program yang mungkin nggak terlalu beda satu sama lain. Nah, coba tengok beberapa hal berikut ini yang bisa kamu jadikan pegangan dalam memilih tempat bimbel.

1. Tipe Bimbel

Pertama-tama, coba perhatikan gaya belajar kamu seperti apa. Kalau kamu lebih cocok belajar ramai-ramai di sekolah, lebih baik kamu ikutan bimbel yang diadakan oleh sekolah. Tapi kalau kamu lebih suka belajar di luar sekolah, silakan ikutan bimbel dari luar sekolah. Atau mungkin kamu lebih cocok les privat di rumah supaya bisa lebih konsen belajar?

2. Metode Pembelajaran

Biasanya tempat bimbel akan memberikan kesempatan trial sebelum kamu melanjutkan keikutsertaanmu. Nah itulah saat yang tepat untuk melihat cocok dan mudah kamu ikuti atau nggak metode dari tempat tersebut. Dan sebaiknya perhatikan juga materi yang diberikan, apakah sesuai dengan yang kamu dapat di sekolah.

3. Fasilitas dan Kenyamanan

Ini juga sebaiknya kamu cek dulu, sudah sesuaikah dengan harga yang harus kamu bayar.

4. Jarak Tempuh

Sebaiknya pilih yang nggak terlalu jauh dari rumah, supaya efisien waktu dan tenaga. Jangan sengaja pilih yang jauh biar kamu bisa sambil main-main lho ya..

5. Jumlah Murid

Yang nggak kalah penting adalah jumlah murid per kelas. Namanya ikut bimbel artinya kamu butuh waktu belajar dan perhatian ekstra dari pengajar kan. Dengan jumlah murid yang terlalu banyak kamu nggak akan dapat itu. Jadi nggak ada salahnya ditanyakan saat kamu mendaftar.

Nah Commuters, semoga tulisan ini bisa bantu kamu dalam memilih bimbel yang paling pas buat kamu ya.. Good luck! [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto b.fastcompany.net & files.wordpress.com]