}
Family Budget
Tips

Family Budget

by Dewi
Sat, 24-Dec-2016

Commuters, jika akhir-akhir ini setiap bulan kamu dan pasangan selalu stres dengan kondisi keuangan kalian, atau bingung ke mana larinya semua uang yang kalian terima saat gajian, berarti sudah saatnya kalian memiliki pembukuan. Mau pakai buku atau software untuk keuangan yang sekarang juga sudah tersedia, itu terserah kalian ya..

Hal pertama yang penting banget untuk dilakukan adalah melihat kembali flow keuangan kalian. Buat dua kolom: pendapatan dan pengeluaran. Masing-masing buat jumlah totalnya.

Kedua, di bagian pengeluaran buat kolom-kolom lagi sesuai kategori. Misalnya listrik, air, uang sekolah, cicilan, kartu kredit, belanja bulanan, belanja harian, dll. Dengan sudah terbagi ke dalam kategori, biasanya akan terlihat di mana bisa dilakukan sedikit penghematan. Bicarakan dengan pasangan mengenai hal itu.

Sedikit saran, untuk pengeluaran sehari-hari seperti belanja dan keperluan harian lainnya bisa kamu coba dengan menyimpan uang tunai dalam amplop. Biasanya sih dengan kita melihat uang secara fisik, dan melihatnya perlahan-lahan berkurang, kita akan lebih waspada dan tertib dengan pengeluaran.

Saran berikutnya adalah sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit. Kalian bisa aja mengangsurnya dengan cara membayar minimum payment, tapi itu akan berlangsung lama. Maka mulailah tanam dalam pikiran bahwa kartu kredit adalah alat pengganti pembayaran, bukan alat untuk berhutang. Jadi kalau kalian nggak yakin akan bisa segera melunasinya, sebaiknya simpan jauh-jauh kartu kredit kalian.

Nah, saat keuangan kalian sudah terlihat lebih baik, maka mungkin aja cita-cita kalian yang selama ini tertunda bisa diwujudkan.. [][teks @tantedow/mint.com | foto kompas.com & mint.com]