}
Siasat Mencegah Pemerkosaan
Tips

Siasat Mencegah Pemerkosaan

by Pohan
Sun, 01-Jan-2017

Tak jarang mendengar komentar terkait adanya korban pemerkosaan “lagian sih di tempat sepi jalan sendirian” atau “makanya jangan pake baju yang kebuka gitu”. Ini menyedihkan. Apakah kota tinggal kita ini dihuni para predator? 

Kami setuju dengan pernyataan bahwa pemerkosaan sepenuhnya adalah salah si pemerkosa, bukan korbannya. Pemerkosaan adalah tindakan kriminal. Berikut siasat mencegah pemerkosaan:

1. Waspada

Pelajari cara paling aman untuk sampai di satu tempat ke tempat lain dalam lingkungan yang baru. Baik tempat kerja atau kampus baru. Usahakan tidak sendirian berjalan di tempat yang gelap tapi di jalur banyak orang.

2. Tegas

Tunjukkan sikap tegas jika orang memberikan perhatian yang tidak diinginkan atau minta mereka mundur. Katakan terimakasih dengan gamblang jika menerima ajakan yang tidak diinginkan.

3. Kawal

Jagalah informasi pribadi terhadap orang yang baru dikenal secara langsung maupun via internet. Saat bepergian, ponsel harus selalu berdaya penuh. Jika membutuhkan bantuan bisa menelepon polisi atau orang terdekat. 

[][teks @pohanpow/wikihow.com | foto dok. Medical Daily, Labris]