}
Pelajaran Penting Sebelum Ngekost
Tips

Pelajaran Penting Sebelum Ngekost

by Dewi
Tue, 17-Jan-2017

Commuters yang tahun ini masuk dunia perkuliahan pasti nggak sedikit yang harus ngekost. Rasanya asik ya, sebentar lagi tinggal sendiri, nggak ada yang cerewetin huhuuuy…

Tapi apa bener asik tinggal sendiri? Nggak ada yang bangunin, nggak ada yang masakin, nggak ada yang nyuciin dan setrikain baju, dan masih banyak lagi hal lain yang biasanya dibantu jadi harus dikerjain sendiri. Udah siap?

Kalo langsung panik, bukan commuters kebanggaan Indonesia namanya hahaha… Masih ada waktu nih sampe saatnya tiba, minimal pelajari hal-hal berikut supaya ngekost-nya lancar jaya..

1. Belajar masak dengan bahan-bahan segar a.k.a. bukan barang instan keluaran pabrik. Emang sih makanan bisa beli di warung atau resto deket kampus. Tapi sesekali masak sendiri bisa menjamin uang nggak cepet habis, di akhir bulan masih bisa senyum lebar.

2. Belajar menggunakan uang dengan bijak. Dari sekarang coba minta uang bulanan dari ibumu. Buat rencana pengeluaran sebulan. Semakin besar sisanya di akhir bulan [tanpa curang ya] berarti kamu sudah pinter financial management.

3. Belajar nyuci dan setrika. Plis deh, daripada buat bayar laundry mending uangnya buat jalan-jalan, ya nggak?

4. Belajar mengobati luka atau penyakit, terutama penyakit yang sering kamu derita. Misalnya kamu harus tau apa obat untuk flu, migrain, lambung perih, diare, tekanan darah rendah, atau masuk angin. Lalu pelajari juga kalo mimisan harus gimana, kalo kram harus gimana.

5. Kalo kira-kira saat ngekost nanti kamu akan pakai motor atau mobil, dari sekarang belajar cara ganti ban, ngecek radiator, ganti oli, ngerti kalo ada bunyi-bunyian yang keluar dari mesin itu artinya ada masalah apa dengan motor/mobilmu.

6. Belajar mengatur waktu. Karena nggak ada yang bakal ngingetin, maka kamu harus disiplin dengan diri sendiri. Kapan waktunya belajar, kapan waktunya berkegiatan di kampus, kapan jalan-jalan, dan harus banget paham kapan istirahat.

7. Dan yang cukup penting juga, belajar bilang NGGAK. Kalo ada yang minta tolong, tapi kamu sendiri sebetulnya lagi kewalahan, jangan ragu untuk bilang nggak. Kalo ada yang ngajak pergi, tapi kamu nggak kenal banget, bilang nggak.

Nah, selamat nyiapin diri sebelum ngekost ya Commuters. Dan bijaksanalah dalam melihat dunia. Masa muda nggak datang dua kali.. [][teks @tantedow/sheknows.com | foto mirror.co.uk & understood.org]