}
Dipecat? Ini Jalan Keluarnya
Tips

Dipecat? Ini Jalan Keluarnya

by Pandu
Thu, 07-May-2015

Nasib sial bisa saja datang tanpa permisi. Misalnya menerima kabar pemecatan mendadak. Petir siang bolong juga kalah dengan kabar itu. 

Jika itu benar terjadi, tidak perlu kebakaran jenggot. Ini langkah yang perlu kamu ambil.

Kalem
Panik dan depresi cuma akan membuat kamu nggak karuan. Apalagi jika langsung bertindak tergesa-gesa. Bisa makin kacau malahan. Ambil nafas dalam dan tenangkan kepala. Yang terjadi biarlah terjadi.

Sembunyikan
Hmm.. Kabar seperti ini nggak perlu di-update atau disebar ke mana-mana. Apalagi jika disebar dengan nada negatif dan cerita berlebihan. Tidak akan ada yang bersimpati.

Beralasan
Tak perlu bilang bahwa kamu dipecat. Cuma orang naas dan bekerja buruk saja yang kena sial.. Cara terbaik adalah cari info loker lewat teman karena kamu merasa tidak betah.

Minta Referensi
Ini juga penting untuk diminta karena perusahaan lain akan meminta referensi tentang kamu dari kantor sebelumnya. Pilih jalur lobi supaya tidak ada kata 'dipecat' di referensi kamu.

Hitung Budget Hidup
Cek tabungan yang kamu punya. Selama belum dapat pemasukan baru, hitung budget yang kamu perlu selama sebulan. Dan siap-siap kencangkan ikat pinggang ya!

Pikir Ulang Kerjaan yang Cocok

Coba introspeksi profesi yang sebelumnya kamu jalani. Apa itu benar-benar pekerjaan yang cocok? Jika iya, kenapa kamu tidak bisa perform 100%?

Apply kembali

Jika sudah berpikir matang dan introspeksi, mulailah apply pekerjaan kembali. Semoga cepat dapat ya! Aamiin! [][teks & ilustrasi @HaabibOnta]