}
Cara Merawat Batik
Tips

Cara Merawat Batik

by Sherra
Mon, 06-Feb-2017

Batik itu karya seni kebanggaan Indonesia. Makanya, harus dirawat dengan sebaik mungkin. Apalagi sampai ngoleksi batik. Begini lho cara merawatnya:

» Cuci batik dengan menggunakan sabun khusus batik yang dijual di pasaran. 

» Bisa juga menggunakan shampo. Sebelumnya, larutkan dulu shampo dengan air sampai nggak ada cairan yang kental. Lalu, ceburkan kain batik ke dalamnya.

» Jangan mencuci batik pakai detergen, apalagi dikucek. Kalau batik masih kotor, coba rendam dalam air hangat. Noda yang membandel bisa digosok dengan kulit jeruk.

» Nyuci kain batik jangan di mesin cuci. Itu cuma bikin warna alaminya nggak awet.

» Batik nggak perlu diperas. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari. Biarkan kering alami di tempat teduh.

» Hindari menyetrika batik secara langsung. Kalau terlalu lecek, bisa disemprotkan sedikit air, letakkan baju lain di atas batik, lalu setrika. Yang penting batik nggak langsung terkena panas setrikaan.

» Jika ingin diberi parfum atau pelembut kain, jangan semprotkan langsung pada batik. Ditutupi dulu dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain di atasnya.

» Simpan batik favorit dalam plastik agar nggak dimakan ngengat. Ah iya, kalau disimpan dalam lemari, jangan diberi kapur barus ya. Zat padat tersebut sangat keras dan bisa merusak batik.

» Cara lain agar batik nggak dimakan ngengat, beri sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari. Atau, tempatkan akar wangi yang sudah dua kali melalui proses perendaman dalam air panas dan dijemur sampai kering.

Selamat mencoba! [][teks @saesherra/batikmarkets.com | foto wikimedia/ flicker]