}
Tips Memperbaiki Ritsleting
Tips

Tips Memperbaiki Ritsleting

by Intern 2
Fri, 17-Mar-2017

Sering, kita dihadapkan pada situasi sulit: ritsleting rusak. Bisa jadi macet, lepas dari relnya, atau patah. Daripada uring-uringan, yuk kita pelajari cara mengatasinya.

A. Memperbaiki Ritsleting Macet

1. Lumaskan ritsleting dengan grafit. Grafit yang ada dalam pensil 2B mengandung minyak alami. Seperti di gambar ini ya.

2. Oleskan sabun jika dibutuhkan. Tuangkan sedikit sabun cuci ke dalam piring kecil, tuangkan sedikit air ke dalam piring lain, dan siapkan beberapa bola kapas.

3. Cucilah ritsleting dan oleskan kembali pelumas jika diperlukan. Setelah mengoleskan pelumas, tutuplah ritsleting. Cucilah ritsleting seperti biasa.


B. Memperbaiki Ritsleting Terpisah

1. Kurangi tekanan pada ritsleting, Kurangi jumlah barang dalam tas, atau apapun yang berat. Jangan terlalu banyak membawa barang.

2. Hilangkan kotoran yang menumpuk dari gigi ritsleting. Jika ada kotoran yang menumpuk pada gigi ritsleting, ambil air dan sabun lalu aduk hingga timbul busa. Basuhlah dengan air sabun dan coba menutup membuka ritsleting seperti biasa.

3. Luruskan gigi ritsleting yang bengkok. Ritsleting yang bengkok bisa menyebabkan ritsleting terbuka. Untuk meluruskannya maka yang diperlukan adalah pinset atau tang berujung runcing.


C. Memperbaiki Ritsleting Jaket yang Rusak.

1. Periksalah kerusakannya.

2. Dengan tang, lepaskan penahan bagian atas dari bagian ritsleting yang memiliki keping persegi [square tab] di bagian bawahnya.

3. Perbaiki atau ganti kepala ritsleting. Gerakkan kepala ritsleting ke atas. Periksa kepala ritsleting dari samping.


4. Pasang kepala ritsleting. Carilah bagian ritsleting yang memiliki keping persegi di bagian bawah. Masukkan gigi ritsleting bagian ini ke dalam kepala ritsleting.

5. Gantilah penahan ritsleting bagian atas. Letakkan penahan ritsleting bagian atas di atas sekumpulan gigi. Gunakan tang untuk mengencangkan penahan tersebut pada tempatnya.


D. Mengganti Ritsleting Rusak

1. Copot ritsleting. Jika giginya hilang di bagian tengah ritsleting, maka seluruh ritsleting harus diganti.

2. Kencangkan ritsleting, dan bukalah ritsleting yang baru. Buatlah penyesuaian yang perlu sebelum berlanjut ke proses selanjutnya.

3. Jahitlah ritsleting. Pasang sepatu khusus untuk menjahit ritsleting pada mesin jahit. Jahit setiap sisi ritsleting pada bagian atas di sepanjang baris jahitan yang asli.


E. Memperbaiki Penarik Ritsleting yang Rusak.

1. Ritsleting melorot? Gigi yang tidak sejajar? Gantilah penarik yang rusak. Bukalah cincin logam yang terpasang pada penarik baru dengan tang berujung bulat dan kaitkan cincin logam yang terbuka tersebut pada ujung kepala ritsleting.

2. Ritsleting celana rusak? Pasangkan gelang kunci [keyring] pada ujung penarik ritsleting. Tutup ritsleting dan kaitkan gelang kunci pada kancing celana.

3. Sejajarkan gigi ritsleting dan buatlah jahitan saling menumpuk sebanyak 6-10 jahitan di bagian penahan ritsleting Selamat mencoba yaah.

[][teks @ikhsanfadhil14/wikihow.co | foto wikihow.co, freeimages.com/T Al Nakib, freeimages.com/Davide Guglielmo]