}
Hilangkan Noda Pakaian dengan Cara Ini
Tips

Hilangkan Noda Pakaian dengan Cara Ini

by Sherra
Mon, 11-May-2015

Pernah punya baju yang ogah dipakai lagi karena ada noda membandel? Mungkin ketika pakaian terkena noda, kamu nggak cepat-cepat membersihkan atau malah salah penanganannya.

Hummm.. tenang, kamu bisa liat beberapa solusi untuk menghilangkan noda di bawah ini. Mungkin aja bisa mengubah nasib pakaian kamu.. Tapi sebelumnya, coba deh jemur pakaian tersebut di luar rumah. Dijamin nodanya akan hilang. Humm, juga bareng sama pakaian kamu sih! Well, simak yaa.. 

Noda: Darah
Machine washable: Kalau memang memungkinkan, noda darah harus cepat dibersihkan lho. Caranya, rendam pakaian di dalam air dingin, lalu cuci dengan mesin. Kalau noda udah mengering, rendam dengan air hangat dan detergen, lalu cuci.
Non-washable: Basahkan noda dengan air. Teteskan campuran air dan cuka, lalu bilas dengan air bersih.

Noda: Cokelat
Machine washable: Bersihkan dengan merendam pakaian dalam air hangat dan detergen, lalu cuci. Kalau noda belum hilang, gunakan pemutih yang aman untuk pakaian.
Non-washable: Teteskan campuran air dan cuka pada noda, lalu bilas dengan air bersih.

Noda: Teh atau kopi
Machine washable: Noda ini harus sesegera mungkin dibersihkan dengan spon. Kalau udah terlanjur kering, rendam pakaian dengan air dingin. Cucilah dengan cairan penghilang noda atau detergen, dan air. Bisa juga cuci dengan pemutih yang cocok juga untuk pakaian berwarna.
Non-washable: Teteskan campuran air dan cuka pada noda, lalu bilas dengan air bersih.


Noda: Tinta
Machine washable: Segeralah gunakan cairan penghilang noda lalu cuci seperti biasa. Kalau noda belum hilang, letakan di atas tisu handuk, gunakan alkohol pada noda dan biarkan noda meresap ke tisu, bilas lalu cuci seperti biasa.
Non-washable: Gunakan campuran gliserin, sabun pencuci piring, air, dan beberapa tetes cuka. Rendam pakaian selama 30 menit, lalu bilas.

Noda: Lipstik
Machine washable: Jangan gunakan air! Gosokkan noda dengan minyak bayi dan biarkan 15 menit. Lalu gosok pakai spons dengan campuran air dan amoniak. Bilas sampai bersih.
Non-washable: Cara membersihkannya sama dengan pakaian yang bisa dicuci mesin, kecuali berbahan wool dan sutera yang hanya bisa dengan dry clean.

Noda: Cat
Machine washable: Cat berbahan dasar air: bilas dengan air saat noda masih basah, lalu cuci.
Cat berbahan dasar minyak: kamu bisa gunakan thinner atau coba cairan pernis. Bilas dan cuci.
Non-washable: Cat berbahan dasar air: Gosok dengan spons dengan air hangat yang dicampur dengan cairan sabun cuci piring, lalu bilas.
Cat berbahan dasar minyak: hanya bisa dicuci di tempat dry cleaning.

Noda: Keringat [deodorant]
Machine washable: Aplikasikan amoniak untuk noda baru, atau cuka untuk noda yang sudah lama dibiarkan, lalu bilas. Cuci dengan air panas yang direkomendasikan untuk pakaian kamu atau cuci dengan produk yang mengandung enzim, dan bisa juga dengan pemutih yang juga cocok untuk pakaian berwarna.
Non-washable: Teteskan campuran air dan cuka pada noda, lalu bilas dengan air bersih.

Noda: Saus
Machine washable: Teteskan cuka pada noda, bilas denan air dingin. Lalu gunakan cairan penghilang noda, dan cuci.
Non-washable: Teteskan campuran air dan cuka pada noda, lalu bilas dengan air bersih.

Gimana? Semoga pakaian kamu yang bernoda bisa cling kembali ya! [][teks @saesherra/buzzfeed | foto huffingtonpost.com/lifehacker.com.au]