}
Tips Hindari Sambaran Petir Saat Mendaki
Tips

Tips Hindari Sambaran Petir Saat Mendaki

by Pandu
Thu, 27-Apr-2017

Kabar duka tersiar dari Gunung Prau, saat libur panjang di pekan terakhir pada Minggu [23/4].  Sebelas pendaki tersambar petir. Tiga orang tewas di tempat, sedangkan 6 orang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit.

Korban sambaran petir di gunung seperti ini bukan kali pertama yang terjadi. Saat musim hujan, zona kemping di atas ketinggian 2.000 Mdpl, memang makanan empuk. Sebab tanah lapang selalu menjadi incaran sambaran petir.

Begitu juga bila berteduh atau mendirikan tenda di bawah pohon. Sama bahayanya. Terus gimana dong kalau petir menyambar-nyambar selagi ada di alam bebas?

  1. Sebaiknya menghindari berdiri di bawah pohon atau lapangan rumput. Berlindunglah di celah bebatuan sambil terus berdoa, tentu saja.

  2. Posisi terbaik adalah merunduk setinggi satu meter sambil merapatkan kaki ke dada. Jangan pernah berdiri atau berbaring. Itu berpotensi bisa disambar petir.

  3. Jangan pernah berada di tempat yang pernah tersambar petir. Soalnya, petir cenderung menyambar tempat yang sama.

  4. Buatlah jarak antar orang minimal 4 meter supaya tidak terjadi aliran energi jika salah satu ada yang tersambar. Yang selamat jadi bisa beri pertolongan.

  5. Matikan segala alat elektronik. Sebab gelombangnya bisa memancing sambaran petir.

  6. Segera alasi kaki atau tubuh lain dengan ransel atau matras supaya tubuh tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Berbahaya.

  7. Jangan pernah berdiri dekat tower pemancar di atas gunung saat hujan petir. Bisa jadi sambaran petir seketika.

  8. Segera bangun tenda atau minimal bivak sementara untuk berlindung. Jangan memaksakan untuk terus berjalan. Puncak tidak akan pindah ke mana-mana kok. [][teks & foto @haabibonta]