}
Ancang-ancang Kerja di Tempat Baru
Tips

Ancang-ancang Kerja di Tempat Baru

by Pohan
Tue, 12-May-2015

Ada yang pernah ngalamin kerja di tempat baru? Gimana rasanya? Ada persiapan khusus? Nah, jelang hari pertama kerja di tempat baru, kita harus memerhatikan beberapa hal, terutama masalah waktu.

Nggak cuma itu, tiga hari sebelum hari 'H', kamu sebaiknya persiapkan segala sesuatunya, mulai pakaian hingga mental. Atur pola pikir yang positif, niscaya semua akan berjalan dengan lancar.

Inilah tips untuk menghadapi hari pertama kerja di tempat yang baru bagi fresh graduate maupun orang yang sudah punya segudang pengalaman:

Datang Tepat Waktu
Usahakan datang minimal 15 menit sebelum jam kerja, supaya tidak terlambat/terburu-buru.

Mulai Kerja dengan Energi Baru
Tinggalkan kebiasaan buruk di tempat kerja yang lama, bersikaplah yang aktif dan penuh antusiasme.

Adaptasi dengan Lingkungan Baru
Jangan merasa bodoh karena tidak tahu apa-apa. Pelajari sikon agar mudah beradaptasi.

Buka Mata dan Waspada
Kenali sifat orang-orang yang ada di lingkungan sekitar. Tak jarang di antara mereka itu jahil, baik sebatas dengan kicauan mulut maupun lewat perlakuan terhadap anak baru.

Jaga Etika
Jadi diri sendiri itu sah, namun tetap memperhatikan tutur bahasa, dan juga gaya busana. Jangan asal bicara apalagi dandan berlebihan.

Lupakan Kenangan di Kantor Lama
Menceritakan aib perusahaan lama sama dengan menguak kelemahan sendiri. Jangan pernah membandingkan yang lama dengan yang baru.

Salah Bukan Berarti Menghukum Diri Sendiri
Apabila tidak sengaja berbuat salah pada hari pertama kerja, segera diperbaiki dan jadikan pengalaman yang sangat berharga.

Jaga Langkah
Lakukan observasi lapangan, jangan terlalu banyak memberikan penilaian alias gosip murahan yang belum pasti kebenarannya. [][teks @pohanpow/id.jobsdb.com | foto netimpactla.org, hngn.com]