}
Cara Mengatur Gaji Bulanan
Tips

Cara Mengatur Gaji Bulanan

by Hagi
Mon, 08-May-2017

Baru minggu pertama, tapi kok duit gaji udah tinggal sedikit? Sepertinya, nggak sedikit ya, yang sering mengalami problematika kayak gini. Nah, biar uang hasil jerih payahmu bekerja sebulan penuh bisa dipertahankan sampai akhir bulan, coba ikuti tips dari cermati.com berikut ini.

1. Buat Anggaran Bulanan - apa pentingnya? Eh, justru dari sini, kita bisa tau, gaji kita cukup untuk membiayai semua keperluan kita atau nggak.

2. Segera Bayar Tagihan - didenda karena telat bayar itu amat sangat nggak enak. Apalagi kalo ini terjadi karena uangnya kepake untuk hal sepele.

3. Sisihkan untuk Tabungan - dari anggaran bulanan yang sudah disusun, kita bisa tau berapa banyak yang bisa kita sisihkan untuk tabungan.

4. Buat Laporan Keuangan Harian - tujuannya agar bisa mengevaluasi pengeluaran kita dan mengantisipasi kebocoran anggaran di lain hari.

5. Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit - ingat, menggunakan kartu ini, berarti kita berhutang, dan harus dibayar di masa depan.

6. Investasi - orang bijak bilang, jangan taruh semua telur di satu keranjang. Cobalah berbisnis kecil-kecilan. Yang halal lho ya.

7. Miliki Dua Rekening Bank atau Lebih - yang satu untuk penerimaan gaji, satunya untuk tabungan, dan yang lain untuk transaksi bisnis pribadi.

8. Lakukan Perbandingan - ini agar kita bisa lebih cermat mengatur keuangan dan tidak lagi kesulitan di tanggal-tanggal tua. [][teks @evaevilia666/cermati.com | foto freepik.com/katemangostar, kues]