}
Untuk Kamu Yang Obesitas
Tips

Untuk Kamu Yang Obesitas

by Dewi
Wed, 10-May-2017

Commuters, kadang hidup itu lucu ya. Yang kurus pengin berat badannya naik, sudah susah payah makan ini itu, tetap aja kurus. Sementara yang gemuk, makan secuil aja langsung naik berat badan. Padahal mereka pengin kurus.

Buat yang pengin menambah berat badan, saya anjurkan untuk menunggu artikel terkait, karena kali ini saya mau fokus sama yang kamu yang menderita obesitas dan pengin nurunin berat badan. Pengin diet? Silakan. Pengin ikut program ini itu? Boleh saja. Tapi sebaiknya baca dulu petuah-petuah dari Dr. Ken di bawah ini, baru pikirkan langkah ke arah sana.

Jika kamu pengin nurunin berat badan, sebaiknya:

1. Jangan minta saran dari orang langsing. Walaupun dia bilang tau banyak soal nurunin berat badan atau dia datang dari keluarga yang rata-rata berbadan gemuk. Kalau dia sendiri nggak pernah gemuk, saran saya sih nggak usah aja.

2. Jangan dengerin orang yang berhasil nurunin berat badan, tapi nggak lebih dari 20kg. Nurunin berat badan bagi penderita obesitas sangat berbeda dengan mereka yang nurunin berat badan karena “merasa gemukan”.

3. Cari tau sendiri apa yang cocok untuk kamu. Olahraga seperti apa, makanan bergizi yang model apa. Lalu di mana selama ini letak kesalahanmu, carilah dengan sabar. Setiap orang berbeda, maka belum tentu yang cocok untuk teman atau saudaramu akan cocok juga untuk kamu.

4. Berolahragalah setiap hari. Jangan berlatih hanya sekian menit selama beberapa kali seminggu. Ini butuh komitmen. Bakar kalori! Kamu pasti bisa!

5. Banyak makan sayuran adalah kunci utama. Rendah kalori dan bisa dimakan sebanyak yang kamu suka. Sedikit daging dan produk olahan susu selama nggak berlebihan masih boleh. Buah juga boleh, tapi ingat, buah yang terlalu matang mengandung gula sangat tinggi. Jadi hati-hati ya.

6. Dan jangan terlalu percaya dengan label “low fat”. Kamu sebaiknya cek juga jumlah kalori yang terkandung di dalam makanan atau minuman tersebut.

Dr. Ken sebelumnya adalah penderita obesitas. Saat lulus SMA, berat badannya sekitar 142kg dengan tinggi badan 165cm. Dia berhasil mulai nurunin berat badan begitu dia berhenti meniru dan bertanya-tanya pada orang lain.

Nah setelah memahami petuah-petuah di atas, mulailah proses pencarian. Dan ingat, ini bukan sulap. Semua butuh waktu. Bersabarlah dan jangan stres ya.. Semangat!! [][teks @tantedow/midnightremedies.com | foto telegraph.co.uk & flickr.com]