}
Metode Belajar Bahasa Sambil Tidur Lebih Bagus
Tips

Metode Belajar Bahasa Sambil Tidur Lebih Bagus

by Pandu
Wed, 07-Jun-2017

Penguasaan lebih dari satu bahasa di era global ini adalah wajib hukumnya. Sebab tanpa bahasa gimana kita bisa berkomunikasi kan? Tapi masalahnya, sudah belajar bahasa Indonesia dari SD aja masih gagap. Apalagi ini belajar bahasa asing. Waduh.

Rupanya ada cara yang lebih sederhana, menyenangkan dan pasti tidak terbayangkan. Karena belajarnya sambil tidur. Serius sambil tidur bisa. Hal ini sudah diamini lewat penelitian yang dilakukan Thomas Schreiner & Björn Rasch.

Lewat jurnal Cerebral Cortex yang mereka rilis, menyatakan latihan bahasa sambil tidur dapat meningkatkan daya ingat. Bila dilakukan selama minimal seminggu, kosakata bahasa asing pasti akan bertambah.

Caranya, siapkan audio bahasa asing yang sudah kamu pernah dengar sebelumnya. Lalu setel otomatis selama dua atau tiga jam sampai tertidur. Nah ketika bangun coba kamu tes ulang ingatan pelajaran selama tidur. Bila mulai ingat secara kosakata dan pengucapan, pindah ke kata lainnya. Lakukan itu selama beberapa minggu untuk memantapkan.

Daripada lewat buku, mendengarkan lebih bagus untuk belajar. Sebab bisa tahu cara pengucapannya juga. Dasarnya manusia itu pandai meniru. Coba aja hapalin satu lagu asing, pasti paham arti dan pengucapannya kan.

Untuk metode belajar sambil tidur, audionya boleh dipilih lagu atau buku audio yang bisa diunduh di internet. Untuk lagu usahakan yang kalem dan pelafalannya jelas. Sementarara buku audio cari yang bilingual ya. [][teks @haabib_onta | foto culturalawareness.com]